Translate

Wednesday, August 21, 2013

Lesung Pipi Merupakan Kecacatan Sekaligus Anugrah Tuhan


Apa itu lesung pipi? Hampir semua orang (Indonesia) tau apa itu lesung pipi, yaitu lekukan pada kulit yang terbentuk pada pipi beberapa orang terutama ketika mereka tersenyum.

Memiliki lesung pipi atau yang dikenal juga dengan lesung pipit atau juga dekik tidak dipungkiri memang akan membuat penampilan diri menjadi lebih menarik. Kehadiran lesung pipi pada wajah baik pada sisi kanan dan kiri atau pun hanya pada satu sisi wajah secara otomatis akan membuat wajah seseorang berubah menjadi lebih menarik dan menjadi ciri fisik yang dominan yang melekat pada diri orang yang memilikinya.

Lesung pipi ini pada setiap orang yang memilikinya bisa dibedakan menjadi dua yaitu yang terdapat di kedua bagian pipi dan yang  terdapat hanya pada satu sisi pipi baik kiri atau kanan. Menurut penelitian beberapa ahli ada yang menyatakan bahwa lesung pipi ini berasal dari faktor keturunan, ada pula yang menyatakan akibat dari tertariknya otot wajah sehingga memunculkan lekukan pada daerah pipi, bahkan ada pula yang menyatakan akibat kelebihan lemak pada daerah pipi. Terlepas dari itu semua, gue pribadi lebih suka mengatakan bahwa lesung pipi adalah merupakan sebuah karunia Tuhan yang patut disyukuri, karena membuat wajah dan penampilan menjadi lebih menarik.

Jika lesung pipi itu muncul akibat memburuknya kesehatan (kelebihan lemak di daerah pipi yang menyebabkan lekukan) tentunya kita mesti sedikit waspada juga dan coba berkonsultasi dengan dokter di bidangnya agar mendapat solusi terbaiknya.

Apakah lesung pipi ini bisa dibuat?
Ada beberapa orang menyatakan bahwa lesung pipi bisa dibuat dengan bantuan dokter melalui operasi, namun gue belum pernah melihat mengenai ini. Mungkin memang ada dan mengingat banyak kemajuan teknologi dibidang kedokteran tentunya tidak heran jika mendengar pernyataan seperti itu.

Mengapa tidak semua orang memiliki lesung pipi? Fenomena lesung pipi dipengaruhi oleh faktor genetik dan diperlukan gen lesung pipi yang dominan. Jika salah satu orangtua atau kakek neneknya memiliki lesung pipi, maka ada kemungkinan lesung pipi ini akan diturunkan ke generasi berikutnya. Anak-anak yang terlahir dari salah satu orangtua dengan lesung pipit akan memiliki kesempatan sebesar 25-50%.

Seperti dikutip dari NCTimes, Rabu (29/12/2010) Dr Joel Pessa, seorang ahli bedah plastik di University of Texas Health Science Center dalam makalah yang diterbitkan jurnal Clinical Anatomy tahun 1998, menuturkan lesung pipi disebabkan oleh kecacatan dari otot zygomaticus utama.

Lesung pipi yang muncul pada wajah seseorang diakibatkan oleh otot zygomaticus utama yang lebih pendek daripada ukuran sebenarnya atau otot ini terbelah menjadi dua, kondisi ini menyebabkan adanya lekukan pada pipi.

Ketika seseorang tersenyum atau berbicara, maka ada daya tarik dari kulit yang membuat lesung pipi muncul akibat efek penarikan kulit tersebut. Hal ini diketahui setelah peneliti membedah anatomi wajah 50 mayat yang memiliki lesung pipi. Lesung pipi umumnya tidak terlihat ketika seseorang sedang diam, karena otot pipi tersebut tidak mengalami penarikan atau dalam posisi diam.

Beberapa orang ada yang hanya memiliki lesung pipi ketika masih anak-anak atau muda. Hal ini karena seiring waktu otot wajah ini secara perlahan akan meregang yang membuat lesung pipi memudar atau hilang.

Untuk pernyataan yang sebelumnya, gue juga baru tau kalo lesung pipi bisa memudar atau bahkan hilang, tapi sejauh ini gue sampe sekarang masih ada lesung pipinya hehehe ^_^



Mitos :
Beberapa masyarakat ada yang percaya dengan mitos bahwa lesung pipi bisa terbentuk dengan cara menusukkan ujung cabai ke pipi bayi. Tapi ternyata mitos tersebut tidaklah benar, karena lesung pipi terjadi akibat kelainan dari otot pipi yang diturunkan.

Nah untuk mitos yang satu ini gue belum pernah coba karena gue emang udah ada gen yang punya lesung pipi yaitu Kakek dari Ayah Papa gue hehehehe.. jadi buat agan-sista yang ga ada gen lesung pipi dan pengen biar anaknya ada lesung pipinya, carilah pasangan yang punya lesung pipi biar ga susah-susah pake acara nusuk-nusuk cabe ke pipi bayinya hehehe

Pendapat gue pribadi nih, lesung pipi adalah sebuah riasan alami pada wajah yang merupakan anugrah dari Tuhan. Dan jujur saja sampai saat ini selalu ada ganjalan dalam hati gue… apakah itu? Begini… gue pikir survey di dunia maya yang mengatakan bahwa memiliki lesung pipi akan menambah daya tarik dan menjadi nilai jual yang bagus di mata lawan jenis ternyata belum berlaku buat gue, padahal gue pun memiliki lesung pipi di pipi sebelah kiri… tapi nyatanya tetep susah buat dapetin kembali tulang rusuk gue yang ilang.
Lihat kan? ternyata hasil survey tersebut belum berlaku buat gue.
Bagaimana dengan anda? Punya pengalaman dengan lesung pipi?
Silahkan dikomen agan-sista, dishare jg boleh, gue doain bagi agan-sista yang masih sendiri cepet ditemuin ama tulang rusuknya^_^

No comments:

Post a Comment

comment with facebook