USAHA
CUCI MOTOR & MOBIL SECARA MODERN
LATAR BELAKANG
Perkembangan jumlah kendaraan bermotor dari tahun ke
tahun meningkat secara signifikan. Fenomena tersebut disebabkan masyarakat
sekarang ini lebih menyukai memakai kendaraan pribadi dari pada harus menggunakan
kendaraan umum. Alasannya klasik, yaitu tidak mau repot! Dan kebutuhan akan
transportasipun semakin meningkat. Hal ini dapat dilihat dari bertambahnya
jumlah kendaraan yang terjual setiap tahunnya. Selain itu, jumlah angkutan umum
perkotaan maupun pedesaan turut meningkat juga. Peningkatan ini mencakup jenis
kendaraan seperti sepeda motor & mobil. Salah satu faktor pemicu kenaikan
ini adalah tingkat kemakmuran masyarakat yang semakin tinggi.
Dengan semakin banyaknya peningkatan jumlah sepeda motor
& mobil akan semakin membuka peluang bagi kita untuk membuka bisnis cuci
kendaraan dan juga dapat memberikan peluang pasar yang sangat potensial dan
prospektif bagi kita untuk membuka usaha yang bergerak di bidang jasa perawatan
motor maupun mobil. Seperti kita ketahui tidak semua orang mau mencuci
kendaraannya sendiri , apalagi orang yang bekerja seperti mereka yang tinggal
di kota-kota besar. Akibat kesibukannya, mereka lebih memilih memanfaatkan jasa
cuci motor & mobil untuk membersihkan kendaraannya. Selain waktu yang tidak
cukup untuk melakukan pekerjaan ini , kendala lainnya adalah kualitas hasil
penyucian jika dilakukan sendiri. Selain aspek kepraktisan, jasa cuci motor
& mobil ini juga dapat mengatasi kendala waktu untuk membersihkan kendaraan
dan dapat menambah relasi.
Kunci utama dalam menjalani atau memulai bisnis adalah
sikap mental kita. Mau atau tidak! Jika ada kemauan maka bisnis yang kita
jalani pun akan terlaksana dengan mudah. Kunci sukses bisnis ini terletak pada
kualitas hasil cucian itu. Kalau pelayanan memuaskan pasti pelanggan akan
kembali memakai jasa kita. Namun kalau tidak memuaskan pasti akan mencari
tempat lain. Oleh karena itu untuk menjaga agar para pelanggan tetap tetap
setia kepada kita, maka pelayanan yang diberikan haruslah maksimal. Dengan
demikian kepercayaan para pelanggan terhadap kualitas jasa yang kita tawarkan
tetap terjaga.
PELUANG
BISNIS
Bisnis cuci kendaraan termasuk bisnis yang banyak
diminati saat ini. Bisnis ini mendatangkan keuntungan yang besar setiap bulannya.
Sebagai contoh, seorang pengusaha bisnis cuci motor, dengan mencuci sepeda
motor rata-rata 20 pelanggan per hari, dengan harga jasa cuci 7000
per motor, dalam sebulan ia bisa mengumpulkan 3 - 4 juta rupiah. Pemasukan ini belum dikurangi
biaya operasional dan bahan baku. Meski demikian, setelah dikurangi
biaya-biaya, hasilnya sangat menguntungkan.
Bisnis cuci motor merupakan bisnis yang fleksibel dan
membuka peluang bisnis sampingan yang mendukung keberadaan layanan cuci motor,
seperti minimarket, ganti oli, penjualan pulsa, aksesoris motor dan kelengkapan berkendara,
bahkan warung makan atau kafe.
Bisnis cuci motor termasuk bisnis yang tidak mengenal
musim. Di musim hujan, kendaraan cepat kotor akibat lumpur dan kubangan air.
Motor memerlukan perawatan dan pencucian setelah terkena air hujan karena
kotoran yang melekat pada bodi dan rangka motor menyebabkan karat jika tidak
segera dibersihkan. Demikian juga di musim kemarau, kendaraan tetap memerlukan
perawatan dan pencucian dari kotoran dan debu yang menempel. Demi menjaga
performa motor tetap prima dan terawat, tentunya faktor kebersihan sangat
penting.
Meski tak mengenal musim, ada momen-momen yang akan
meningkatkan omzet bisnis cuci kendaraan bermotor ketika masa liburan, baik
libur nasional maupun libur sekolah. Hampir setiap keluarga merencanakan keluar
rumah dan menginginkan kendaraannya tetap bersih. Dengan pengorbanan bekerja
lembur di tengah orang lain menikmati liburannya, pebisnis jasa cuci kendaraan
mampu meraup rejeki yang banyak.
MANFAAT ADANYA CUCI MOTOR ATAU MOBIL BAGI KONSUMEN
Perkembangan jumlah kendaraan bermotor yang meningkat
setiap tahunya merupakan salah satu peluang besar dalam bisnis cuci kendaraan.
Banyak orang yang tidak mempunyai waktu untuk membersihkan kendaraan sendiri.
Apalagi bagi para pegawai yang dituntut untuk bekerja seharian sehingga mereka
tidak mempunyai waktu luang untuk membersihkan kendaraannya sendiri. Selain
itu, bila membersihkan kendaraan sendiri dikawatirkan tidak bersih karena
keterbatasan peralatan. Beberapa informasi adanya peluang bisnis cuci kendaraan
bermotor berdasarkan konsumen.
a) Pemilik
kendaraan tidak mau repot membersihkan kendaraannya sendiri.
Pemilik kendaraan sudah tidak mempunyai waktu untuk membersihkan kendaraannya sendiri, karena sudah disibukkan dengan pekerjaannya. Selain itu pekerjaan mencuci kendaraan merupakan pekerjaan yang membosankan dan tidak menyenangkan serta membuang waktu dan tenaga. Sebagian orang gemar mencucikan kendaraannya di tempat jasa cuci motor dan mobil karena praktis, murah, dan hasilnya memuaskan. Dan ada kecenderungan lain, yaitu mencuci kendaraan sambil beristirahat. Oleh karena itu beberapa jasa cuci kendaraan bermotor juga menyediakan ruang tunggu yang nyaman.
Pemilik kendaraan sudah tidak mempunyai waktu untuk membersihkan kendaraannya sendiri, karena sudah disibukkan dengan pekerjaannya. Selain itu pekerjaan mencuci kendaraan merupakan pekerjaan yang membosankan dan tidak menyenangkan serta membuang waktu dan tenaga. Sebagian orang gemar mencucikan kendaraannya di tempat jasa cuci motor dan mobil karena praktis, murah, dan hasilnya memuaskan. Dan ada kecenderungan lain, yaitu mencuci kendaraan sambil beristirahat. Oleh karena itu beberapa jasa cuci kendaraan bermotor juga menyediakan ruang tunggu yang nyaman.
b) Fasilitas
di rumah terbatas
Pemilik kendaraan mengharapkan kondisi kendaraannya
selalu kelihatan bersih, mulus, mengkilap, dan wangi. Untuk mendapatkan hasil
sesuai yang di inginkan tentu saja memerlukan fasiliatas yang lengkap. Tidak
dipungkiri dengan fasilitas yang minim di rumah maka hasil pencuciannya tidak
optimal bahkan tidak bersih. Dengan peralatan yang serba terbatas, mencuci
dirumah akan memboroskan tenaga, waktu serta air yang tidak sedikit.
c) Biaya
Lebih Murah
Mencuci dirumah mungkin lebih murah bagi sebagian orang,
namun kalau dihitung-hitung akan lebih murah bila mencuci ditempat pencucian.
Coba hitung volume air yang digunakan, sabun, semir ban dan sebagainya. Belum
lagi tenaga dan waktu untuk mengerjakannya. Dengan biaya yang cukup murah
kendaraan kembali bersih, wangi, dan nyaman untuk dikendarai. Selain itu
pemilik kendaraan dapat menambah relasi atau rekanan. Banyak tempat cuci yang
dijadikan ajang untuk berkumpul dan saling tukar informasi.
PELUANG
USAHA CUCI MOTOR BAGI PEBISNIS
Hal-hal
yang membuat mereka memilih mendirikan usaha cuci kendaraan dibandingkan jenis
bisnis lainya.
a) Modal
Kecil
Usaha cuci kendaraan bermotor merupakan bisnis dibidang
jasa sehingga tidak memerlukan modal yang besar, tetapi bisnis pencucian
kendaraan bermotor memerlukan pelayanan yang prima.
b) Pengelolaan
Tidak Rumit
semua bisnis tidak dapat
terhindar dari masalah pengelolaan dan administrasi. Tingkat kerumitan dan
kesulitannya bergantung pada bidang usaha, ada yang rumit ada juga yang
sederhana. Hal ini akan mempengaruhi biaya operasional dan resiko usaha.
Semakin rumit pengelolaan dan administrasinya maka akan semakin tinggi biaya
operasional yang harus dikeluarkan. Misalkan bisnis swalayan yang merupakan
bisnis ritel. Swalayan memiliki data yang besar dan rumit. Adapun bisnis
pencucian kendaraan bermotor merupakan bisnis yang dapat dikelola secara
sederhana dan memiliki administrasiyang tidak rumit. Dengan menggunakan buku
yang sederhana dapat mengontrol semua keuangan. Pencatatan dari segala jenis
pemasukan dan pengeluaran punpenting untuk kelancaran usaha ini. Seperti
nota-nota, kwitansi karena dapat mempermudah dan memperjelas penggunaan uang.
Administrasi keuangan dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi dari perkembangan
bisnis usaha cuci kendaraan bermotor ini. Usaha pencucian kendaraan bermotor
hanya terdiri beberapa item saja seperti harga cuci kendaraan, harga ganti oli
dan sebagainya. Hanya terdiri dari beberapa puluh item saja sehingga lebih
mudah dan sederhana pengelolaannya. Hal ini berbeda dengan swalayan yang terdiri
dari ribuan item.
c) Karyawan
Mudah Didapatkan dan Tidak Memerlukan Ketrampilan Khusus.
Usaha pencucian kendaraan bermotor selain tidak rumit
dalam pengelolaannya dapat juga mempekerjakan hanya dengan beberapa orang
saja. Hanya dengan seorang pegawai untuk bagian administrasi sekaligus
merangkap kasir dan ditambah beberapa orang untuk bagian pencucian kendaraan.
Kita dapat dengan mudah mendapatkan karyawan dari sekitar tempat usaha kita.
Dengan sedikit pelatihan mengenai cara membersihkan kendaraan yang benar, kita
dapat langsung mempekerjakan mereka. Bisnis cuci kendaraan ini juga dapat
dipimpin oleh seorang manager. Dengan demikian si pemilik usaha tidak harus
mengatur sendiri manajemen usahanya. Cukup dengan seseorang yang siap mengawasi
jalannya usaha cuci kendaraan, kita dapat dengan mudah menjalankan bisnis ini.
d) Gaji
Karyawan Dapat Berbagi Hasil
Untuk pemberian gaji karyawan dapat dilakukan sesuai
keinginan, Apakah dengan sistem gaji harian, mingguan, atau bulanan. Dapat juga
dilakukan secara langsung tergantung pada banyaknya kendaraan yang dicuci
setiap harinya. Dengan pembagian keuntungan anatara pemilik usaha dengan
pegawai yang telah disepakati bersama, maka pegawai dapat secara lansung
mengambil bagian dari hasil kerjanya. Misalnya 70% untuk pemilik usaha dan 30%
untuk pekerja dari semua total penerimaan.
Untuk memulai usaha cuci kendaraan bermotor kita harus
selalu mengingat konsep 4P (Product, Price, Place, dan Promotion) untuk
mengetahui apa saja yang diperlukan sehingga perencanaan dan konsep dapat
dibuat secara matang. Dalam perencanaan bisnis cuci kendaraan, yaitu menyangkut
alat dan bahan yang diperlukan, harga yang harus diberikan untuk setiap jenis
jasa, lokasi atau tempat yang strategis, serta teknik promosi yang baik dan
tepat sesuai sasaran sehingga dapat menarik banyak pelanggan, maka dengan
demikian bisnis kita pun akan berkembang.
a) Product
Setiap bisnis pasti mempunyai barang atau jasa yang
ditawarkan kepada konsumen. Bisnis cuci kendaraan merupakan salah satu bisnis
yang bergerak dalam bidang jasa dengan produk berupa pelayanan jasa dan barang.
Bisnis cuci kendaraan bermotor menawarkan jasa cuci motor atau mobil, jasa
semir, serta perawatan badan motor dan mobil. Untuk produk yang berupa barang
merupakan bisnis pendamping dari cuci kendaraan bermotor seperti menjual
berbagai aksesoris motor, ganti oli, makanan dan minuman. Untuk merintis bisnis
ini kita harus mengetahui gambaran umum dari setiap jenis pelayanan cuci
kendaraan.
Berikut berbagai tipe usaha cuci kendaraan :
1. Usaha
Cuci Sepeda Motor
Membuka bisnis cuci motor berbeda dengan bisnis
salon dan cuci mobi. Yang ditawarkan untuk jasa cuci sepeda motor jauh lebih
rendah dari harga jual jasa cuci mobil. Pada umumnya bisnis cuci sepeda motor
mudah diterapkan karena hanya membutuhkan tempat yang tidak begitu luas dan
beberapa peralatan mencuci. Biasannya usaha ini satu paket dengan ganti oli
atau isi angin kendaraan. Salah satu yang mendasari banyak orang yang membuka
usaha cuci motor ini, karena semakin tingginya pemakai sepeda motor dari tahun
ke tahun yang meningkat secara signifikan. Usaha cuci sepeda motor lebih bagus
dilakukan dipinggir jalan yang banyak dilalui kendaraan. Modal yang dibutuhkan
untuk membangun usaha ini berkisar antara Rp. 25-35 juta. Dengan minimal
karyawan 4-6 orang. Untuk pelayanan tambahan bisa kita tambah berupa service
ganti oli di tempat usaha cuci motor kita. Hal ini dapat mempermudah pelanggan
kita untuk perawatan maupun mengganti oli kendaraannya. Dengan begitu pelanggan
tidak perlu berganti tempat untuk mendapatkan service kendaraannya.
2. Usaha
Cuci Mobil
Dengan semakin bertambahnya kendaraan roda empat setiap
tahunnya, prospek dan potensi untuk usaha jasa cuci mobil sangat menjajikan.
Dengan lokasi yang mudah dijangkau dan harga yang bersahabat serta kualitas
pelayanan yang memuaskan, usaha ini dapat mendatangkan profit yang besar.
Karena kunci utama usaha ini adalah kualitas pelayanan dan kepercayaan para
pelanggan. Dengan lokasi yang strategis dan dengan service yang berazas
loyalitas terhadap pelanggan karena semua itu merupakan aspek pelayanan yang
mempunyai peranan dalam mempertahankan usaha cuci mobil yang kita dirikan. Pada
dasarnya usaha seperti ini membutuhkan peralatan yang sama dengan usaha cuci
sepeda motor. Hanya saja kita membutuhkan lahan yang lebih luas dan juga
memerlukan pompa hidrolik untuk mempermudah pencucian mobil terutama bagian
bawah mobil yang sulit dijangkau. Sama halnya dengan usaha cuci motor, usaha
cuci mobil biasanya dilengkapi juga dengan ganti oli, pengisian angin ban
kendaraan, accesories mobil dan suku cadang mobil. Selain itu kita juga dapat
membuka usaha yang dapat didampingkan dengan tempat cuci kendaraan kita seperti
counter pulsa, makanan dan minuman. Dengan demikian kita akan mendapatkan
penghasilan tambahan dan akan menjadi nilai tambah serta daya tarik dari usaha
cuci kendaraan kita.
3. Usaha
Cuci Mobil & Motor
Keberanian untuk membuka suatu usaha yang kompleks
merupakan suatu tantangan tersendiri, begitu pula dengan usaha cuci sepeda
motor dan mobil. Memang dibutuhkan modal yang lebih banyak dibandingkan usaha
cuci motor atau mobil saja. Denagn dua jenis usaha cuci kendaraan motor &
mobilberarti kita membutuhkan ruang usaha yang cukup minimal untuk dua mobil
dan dua dan dua sepeda motor. Dengan konsep yang sama yaitu cuci kendaraan kita
dapat memberi service untuk semua jenis kendaraan. Alat dan bahan yang
dibutuhkan pun sama dengan usaha cuci motor atau mobil yaitu alat-alat untuk
membersihkan kendaraan dan pompa hidrolik. Usaha ini banyak diminati karena
banyak orang yang mempunyai mobil & sepeda motor. Karena konsep yang sama
itulah kita dapat menghemat pembelian alat dan bahan untuk mencuci kendaraan
seperti shampo, sabun, sikat, ember, kompresor, tabung snow wash, lap kain,
kanebo dan perlengkapan lainnya yang dapat digunakan untuk membersihkan atau mencuci
motor maupun mobil.
b) Harga
Dalam usaha cuci kendaraan ini kita memerlukan perhitungan yang tepat agar bisnis yang kita jalankan tidak mengalami kerugian. Biaya yang dikeluarkan untuk membeli peralatan mencuci seperti shampo, sabun, biaya sewa tempat, gaji karyawan, biaya listrik, serta air dikalkulasi. Perkiraan kendaraan yang datang setiap harinya juga perlu diperhitungkan. Dengan demikian kita dapat menentukan hargayang tepat bagi para konsumen. Untuk menentukan harga juga dapat dilakukan dengan cara lain yaitu dengan membandingkan harga di tempat lain. Perlu dilakukan survei harga dan pelayanan sebagai bahan pembanding sehingga dapat menentukan harga yang bersaing dengan pengusaha lain. Dengan cara ini kita bisa memberikan nialai plus. Nilai plus ini menjadi strategi bisnis yang baik karena memberikan perbedaan pelayanan dengan tempat cuci kendaraan yang lain.
Dalam usaha cuci kendaraan ini kita memerlukan perhitungan yang tepat agar bisnis yang kita jalankan tidak mengalami kerugian. Biaya yang dikeluarkan untuk membeli peralatan mencuci seperti shampo, sabun, biaya sewa tempat, gaji karyawan, biaya listrik, serta air dikalkulasi. Perkiraan kendaraan yang datang setiap harinya juga perlu diperhitungkan. Dengan demikian kita dapat menentukan hargayang tepat bagi para konsumen. Untuk menentukan harga juga dapat dilakukan dengan cara lain yaitu dengan membandingkan harga di tempat lain. Perlu dilakukan survei harga dan pelayanan sebagai bahan pembanding sehingga dapat menentukan harga yang bersaing dengan pengusaha lain. Dengan cara ini kita bisa memberikan nialai plus. Nilai plus ini menjadi strategi bisnis yang baik karena memberikan perbedaan pelayanan dengan tempat cuci kendaraan yang lain.
c) Lokasi
Usaha
Di dalam menentukan tempat untuk mendirikan suatu usaha
kita harus melihat dari kebutuhan konsumen. Seperti halnya mendirikan usaha
cuci kendaraan, maka kita harus jeli dalam melihat daerah mana saja yang
berpeluang untuk didirikanya suatu tempat usaha cuci kendaraan motor dan mobil.
Yang terpenting lokasi terletak di pinggir jalan besar. Penentuan lokasi untuk
usaha cuci kendaraan sangat berpengaruh terhadap pendapatan yang akan kita
peroleh. Pilihlah tempat yang strategis, yaitu lokasi yang banyak dilalui
kendaraan bermotor. Pertimbangan lainya adalah ada tidaknya pesaing, karena
lokasi yang belum banyak pesaingnya lebih prospek/lebih potensial. Jika ada
pesaing maka strategi dalam menentukan nilai plus sangat dibutuhkan. Dalam
memilih lokasi juga harus memperhatikan aspek lain seperti lokasi harus dekat
dengan sumber air dan lokasi pembuangan air bekas cucian kendaraan. Karena ini
dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada para pemakai jasa. Oleh karena
itu pilihlah lokasi yang ramai dilewati berbagai kendaraan dan dekat dengan
sumber air serta saluran pembuangan sisa air cucian. Disamping menyediakan
tempat untuk cuci kendaraan diperlukan pula tempat untuk kenyamanan pengunjung
atau pelanggan untuk bersantai. Tempat yang dibutuhkan pun tidak haru mahal
atau luas cukup dengan beberapa kursi, dengan beberapa properti seperti
televisi, pemutar musik, beberapa surat kabar atau majalah otomotif. Karena hal
ini sudah banyak dilakukan dan terbukti membuat para pelanggan menjadi nyaman
dan santai sambil menunggu kendaraannya dicuci.
Hal lain yang harus diperhatikan setiap harinya adalah kebersihan. Setelah pencucian, sampah botol atau plastik sisa sabun cuci kebersihan harus segera dibuang ke tempat sampah. Lantai pun harus senantiasa dibersihkan. Jangan sampai sisa bekas cucian menggenang. Lap kain yang digunakan pun perlu diganti bila telah usang.
Hal lain yang harus diperhatikan setiap harinya adalah kebersihan. Setelah pencucian, sampah botol atau plastik sisa sabun cuci kebersihan harus segera dibuang ke tempat sampah. Lantai pun harus senantiasa dibersihkan. Jangan sampai sisa bekas cucian menggenang. Lap kain yang digunakan pun perlu diganti bila telah usang.
d) PROMOSI
Faktor promosi merupakan faktor penting dalam menjalankan bisnis. Besarnya penjualan barang dan jasa yang kita tawarkan bergantung pada seberapa efektif promosi yang telah dilakukan. Media promosi dapat berupa media cetak dan media elektronik. Manfaat promosi adalah menambah jumlah pengunjung yang datang. Media promosi berguna untuk menyebarkan informasi bisnis dalam jangka panjang. Beberapa media promosi dapat berupa :
Faktor promosi merupakan faktor penting dalam menjalankan bisnis. Besarnya penjualan barang dan jasa yang kita tawarkan bergantung pada seberapa efektif promosi yang telah dilakukan. Media promosi dapat berupa media cetak dan media elektronik. Manfaat promosi adalah menambah jumlah pengunjung yang datang. Media promosi berguna untuk menyebarkan informasi bisnis dalam jangka panjang. Beberapa media promosi dapat berupa :
1. Brosur
Salah satu media promosi yang dapat kita lakukan dalam bisnis cuci kendaraan adalah dengan penyebaran brosur. Buatlah brosur yang sederhana dan menarik. Cantumkan nama, jenis pelayanan yang diberikan, harga, dan alamat tempat cuci kita. Sebagai promosi harga, kita tawarkan harga promosi terlebih dahulu. Jika bisnis kita sudah berjalan, barulah kita naikkan harga secara bertahap. Selain harga promosi, dapat juga diberikan diskon 10-20% atau diberikan layanan cuci gratis setelah 10 kali datang.
Pembagian brosur dapat kita lakukan pada kendaraan atau angkutan umum yang lewat. Atau dapat juga dengan memasangnya di tempat-tempat umum yang mudah dilihat dan dilewati banyak orang.
Salah satu media promosi yang dapat kita lakukan dalam bisnis cuci kendaraan adalah dengan penyebaran brosur. Buatlah brosur yang sederhana dan menarik. Cantumkan nama, jenis pelayanan yang diberikan, harga, dan alamat tempat cuci kita. Sebagai promosi harga, kita tawarkan harga promosi terlebih dahulu. Jika bisnis kita sudah berjalan, barulah kita naikkan harga secara bertahap. Selain harga promosi, dapat juga diberikan diskon 10-20% atau diberikan layanan cuci gratis setelah 10 kali datang.
Pembagian brosur dapat kita lakukan pada kendaraan atau angkutan umum yang lewat. Atau dapat juga dengan memasangnya di tempat-tempat umum yang mudah dilihat dan dilewati banyak orang.
2. Media
Lisan
Promosi dari mulut ke mulut dapat dimulai dari teman,
rekan kerja, atau keluarga kita terlebih dahulu. Dengan cara ini, orang akan
lebih cepat tahu akan jasa yang kita tawarkan. Media lisan ini tidak memerlukan
biaya, hanya dibutuhkan kepiawaian kita dalam berkomunikasi dengan orang lain.
Media lisan ini juga dapat kita lakukan melalui pengunjung atau pemakai jasa
cuci kendaraan. Selama proses pencucian, ciptakan suasana yang menyenangkan,
misalnya ajak pengunjung mengobrol. Dari obrolan yang menyenangkan kita
mempromosikan bisnis kita.
Selain itu kita juga dapat memperbanyak relasi agar bisnis berkembang cepat. Dengan banyaknya relasi yang kita miliki maka media lisan ini akan berhasil dan semakin banyak pula yang mengenal dan menggunakan jasa cuci kita.
Selain itu kita juga dapat memperbanyak relasi agar bisnis berkembang cepat. Dengan banyaknya relasi yang kita miliki maka media lisan ini akan berhasil dan semakin banyak pula yang mengenal dan menggunakan jasa cuci kita.
3. Papan
nama
Pemasangan label bisnis menjadi faktor penting dalam
mempromosikan bisnis cuci motor dan mobil. Misalnya pemberian nama dan pilihan
jenis huruf dan ukuran. Pilihlah tulisan yang besar dan menarik yang mudah
dilihat dan diingat orang yang membacanya. Papan nama dipasang di depan lokasi
bisnis. Papan nama dapat dibuat dari kayu, dapat pula berupa spanduk bentang
yang dapat mudah dilihat oleh pemakai jalan.
4. Internet
Bisnis cuci kendaraan dapat dipromosikan melalui media
internet misalnya dalam bentuk web, iklan baris, blog, dan sebagainya. Hal ini
bisa dilakukan jika bisnis ini sudah berjalan dan berskala besar. Memuat profil
bisnis di iklan mini pun dapat dilakukan. Melalui situs-situs bisnis, kita
dapat menampilkan profil bisnis kita agar dapat diakses orang lain dengan
mudah. Tampilkan profil bisnis dengan layout dan informasi yang jelas
terutama mengenai lokasi dan nomor telepon dan handphone yang dapat dihubungi.
5. Media
Cetak
Memasang iklan di media cetak di antaranya melalui iklan
baris pada surat kabar atau tabloid. Surat kabar atau tabloid yang dipilih
dapat berupa koran lokal atau umum dan tabloid otomotif.
PENGELOLAAN
BISNIS JASA CUCI KENDARAAN BERMOTOR
- PEMASARAN
Kita tidak memerlukan teori pemasaran yang kompleks. Para konsumen akan datang dengan sendirinya sehingga kita tinggal melaksanakan tugas sebagai penyedia jasa cuci kendaraan bermotor. Cermati keinginan konsumen. Dengan memberikan hasil cucian kendaraan yang terbaik, kita sudah melakukan hal positif bagi bisnis tersebut.
Pemasaran dapat secara langsung kita lakukan yaitu dengan pelayanan yang memuaskan. Bisnis cuci kendaraan ini tidak memerlukan distribusi untuk menyebarkan pelayanan yang ada. Bisnis ini merupakan salah satu jenis bisnis yang secara langsung memberikan pelayanan di tempat. Teknik pemasaran yang sederhana inilah yang membuat bisnis ini semakin banyak diminati.
- KEUANGAN
Pengaturan keuangan harus dilakukan secara detail dan terdokumentasi dengan baik dalam pembukuan. Bisnis cuci kendaraan memiliki pengaturan keuangan yang mudah. Pengaturan keuangan dapat kita mulai dari mengatur modal awal untuk memulai bisnis ini. Catat semua peralatan yang dibutuhkan untuk memulai bisnis. Untuk mengatahui harga-harga alat dan bahan yang dibutuhkan, kita perlu mengadakan survei ke beberapa tempat untuk mendapatkan harga yang lebih murah tetapi dengan kualitas yang baik.
Pendirian lokasi bisnis harus kita kalkulasi lebih dulu. Mulai dari besarnya membeli atau menyewa lahan sampai bahan bangunan dan gaji pegawai bangunan. Bila kita tidak memiliki lahan sendiri, kita dapat menyewa lahan untuk keperluan ini. Perhitungkan harga sewa dengan memperhatikan keadaan lingkungan tempat cuci kendaraan dan saluran airnya. Besarnya biaya yang kita keluarkan dapat ditentukan dari jenis jasa yang kita tawarkan. Jasa cuci motor membutuhkan biaya yang lebih kecil dibandingkan untuk cuci mobil, terlebih bila kita mendirikan bisnis cuci motor dan mobil.
1. Bisnis
Cuci Motor
Bisnis cuci motor memerlukan tempat minimal berukuran 4x6
m2 atau dengan luas minimal 24 m2 untuk 2 - 3
motor. Dana yang dibutuhkan sekitar Rp 19.000.000,00. Biaya ini belum termasuk
sewa tempat atau pembelian lahan. Modal 19 juta ini digunakan untuk membeli
pompa air, pompa hidrolik, kompresor, steam, snow wash, dan peralatan cuci
seperti sabun, shampo motor, silikon, sikat, kain lap (kanebo), dan pengilap
cat motor.
2. Bisnis
Cuci Motor dan Mobil
Bisnis cuci motor dan mobil memerlukan modal awal yang
cukup besar. Dengan kapasitas tempat untuk 2-3 motor dan 2 mobil dibutuhkan
modal minimal Rp 60 juta bila menggunakan teknik snow wash.
Di bawah ini contoh yang dapat dijadikan bahan acuan
untuk mendirikan bisnis cuci motor dan mobil dengan menggunakan cuci steam atau
snow wash dengan modal awal Rp 50 juta.
a. Alat
dan Bahan yang Diperlukan
Untuk bisnis cuci motor dan mobil secara modern, kita
dapat menggunakan compressor atau steam wash dengan ukuran sedang dan berat alat
12 kg. Alat ini didesain khusus untuk mencuci kendaraan roda empat, mengingat
tekanan air yang dikeluarkan cukup kuat dan juga alat ini bisa menyedot air
hanya dari wadah atau ember biasa tanpa disambungkan ke kran air dari toran
air, tentunya akan lebih praktis dan lumayan hemat. Harga alat cuci tersebut
untuk ukuran kecil mulai harga Rp 400.000,00 sampai Rp 1.000.000,00, sedangkan
untuk ukuran sedang dijual antara Rp 1,5 - Rp
3 juta tergantung mereknya.
b. Biaya
untuk Mendirikan Tempat Cuci Motor dan Mobil
Besarnya biaya yang harus dikeluarkan bergantung pada
ukuran tempat bisnis cuci kendaraan yang didirikan. Data di bawah ini adalan
rincian biaya pengeluaran untuk bisnis cuci motor dan mobil dengan ukuran lahan
7 x 11 m2. Tempat merupakan milik pribadi dan air bersumber dari mata air atau
sumur sehingga biaya pengeluaran air tidak termasuk di dalamnya.
c. Biaya
untuk Komunikasi
Alat komunikasi bertujuan untuk memudahkan jalannya
bisnis. Misalnya, saat seorang pelanggan meninggalkan kendaraannya untuk dicuci,
lalu ia meminta kita menghubunginya bila sudah selesai. Yang perlu diingat
adalah gunakan alat komunikasi ini untuk bisnis, dan hindari untuk keperluan
pribadi.
d. Biaya
untuk Bisnis Pendamping
Selain membuka bisnis cuci motor dan mobil, kita bisa
juga mendirikan bisnis pendamping, misalnya kafetaria atau toko kecil yang
mendiakan aneka minuman dan makanan ringan, penjualan pulsa, dan sebagainya.
Selain menambah pemasukan, keberadaan kafetaria juga dapat mengurangi kejenuhan
pelanggan saat menunggu dan tidak melakukan aktivitas apapun. Biaya yang
dikeluarkan tergantung pada jenis bisnis pendamping yang kita inginkan.
e. Biaya
untuk Operasional Awal
Biaya operasional merupakan biaya yang rutin kita
keluarkan. Besarnya biaya operasional bergantung pada jenis layanan yang kita
inginkan.
f. Biaya
Lain-lain
Biaya lain-lain berupa pengeluaran yang kecil, misalnya
alat tulis dan kelengkapan administrasi.
- SUMBER DAYA MANUSIA
Umumnya bisnis cuci kendaraan mengambil
pegawai yang bertempat tinggal di sekitar lokasi. Hal ini dimaksudkan
untuk memperkecil biaya transportasi pegawai ke tempat kerja. Selain itu, dapat
turut membantu pengawasan keamanan tempat bisnis ini. Pegawai pencuci motor dan
mobil tidak memerlukan persyaratan yang rumit dan tidak harus lulusan sekolah
tertentu. Ada beberapa sistem
kepegawaian dalam bisnis ini. Ada yang mengambil pegawai tetap, ada juga yang
menggunakan sistem lepas. Jumlah pegawai disesuaikan dengan kebutuhan.
Semakin besar bisnis ini semakin banyak pula dibutuhkan pegawai. Selain keterampilan mencuci
dan membersihkan kendaraan, pegawai juga harus dilengkapi sikap dan cara
komunikasi yang baik. Kejujuran
pegawai merupakan faktor penting dalam melaksanakan tugas dan menjaga keutuhan
kendaraan yang dicuci. Pembekalan
pengetahuan yang harus dimiliki oleh pegawai bisnis cuci motor dan mobil adalah
pengetahuan akan standar kebersihan motor dan mobil, cara membersihkan
kendaraan, menyemir ban, dan mengetahui bagian mesin kendaraan yang dapat
dicuci. Gaji
karyawan dapat berupa gaji harian, mingguan, atau bulanan. Pemberian gaji
bervariasi. Ada yang berdasarkan jumlah motor atau mobil yang dicuci atau bisa
juga berdasarkan sistem bagi hasil.
- ADMINISTRASI
Administrasi merupakan media untuk
mengevaluasi jalannya suatu bisnis. Administrasi untuk bisnis cuci motor cukup
sederhana. Cukup dengan pembukuan yang menyangkut pencatatan modal awal,
pembukuan biaya operasional per bulan, serta semua jenis transaksi yang
dilakukan dengan teliti dan rapi. Misalnya mencatat setiap pengeluaran (listrik,
air, gaji pegawai) serta pemasukan. Pencatatan modal awal serta pengeluaran
awal untuk membuka bisnis cuci kendaraan sangat penting untuk mengetahui nilai
Return of Investment (ROI) dan Break Event Point (BEP) sehingga kita dapat
mengetahui berapa lama modal akan kembali. Jika sudah kembali modal, maka kita
dapat mengembangkan bisnis ini dengan membuka cabang di tempat lain.
Dalam pembukuan, antara pemasukan dan
pengeluaran harus dilakukan secara terpisah. Hal ini untuk memudahkan
pengecekan seta menghitung untung ruginya. Buku yang digunakan dapat berupa
buku besar berukuran folio yang biasa digunakan untuk mencatat pembukuan
keuangan. Pengarsipan bukti transaksi seperti kuitansi tidak boleh kita
lupakan. Pengarsipan ini berguna untuk pengecekan dan jika ditemukan hal-hal
yang janggal kita dapat mengeceknya melalui bukti transaksi.
Penulisan laporan administrasi termasuk
keuangan, dapat dibuat dengan beberapa format tulisan atau tabel sederhana.
Hal-hal yang perlu dicatat misalnya tanggal transaksi, harga transaksi, dan
keterangan lain yang dibutuhkan setiap harinya. Kedua laporan ini dapat kita
jadikan sebagai bahan evaluasi untuk mengetahui bisnis yang kita jalankan
untung atau rugi dan untuk mengetaui perkembangannya dari bulan ke bulan, tahun
ke tahun.
LANGKAH-LANGKAH
BISNIS CUCI MOTOR DAN MOBIL
- MERENCANAKAN
Rencana bisnis artinya susunan rinci
kegiatan yang sistematis, tepat, dan akurat dalam rangka mencapai tujuan
bisnis. Dalam kerangka sistem bisnis, tujuan bisnis hendaknya dapat dicapai
dengan efektif dan efisien sehingga dalam merealisasikannya diperlukan
pengawasan yang baik. Dari hasil yang didapat selanjutnya rencana akan menjadi
umpan balik yang berguna bagi evaluasi perencanaan. Proses ini tidak pernah
habis mulai dari rencana, pelaksanaan, kontrol, evaluasi dan akan kembali ke
rencana yang lebih baik.
Perencanaan bisnis tidak hanya melibatkan produk atau jasa pelayanan, tetapi juga melibatkan sumber daya manusia, tim kerja yang solid, sumber dan besarnya modal yang dibutuhkan, proyeksi penjualan dan laba, sampai ke strategi pemasaran, serta analisis pesaing. Hal ini merupakan kesatuan utuh, yakni rencana bisnis (bussiness plan).
Perencanaan bisnis tidak hanya melibatkan produk atau jasa pelayanan, tetapi juga melibatkan sumber daya manusia, tim kerja yang solid, sumber dan besarnya modal yang dibutuhkan, proyeksi penjualan dan laba, sampai ke strategi pemasaran, serta analisis pesaing. Hal ini merupakan kesatuan utuh, yakni rencana bisnis (bussiness plan).
Perencanaan merupakan hal penting
sebelum memulai bisnis. Apabila tidak membuat suatu perencanaan dahulu, bisnis
yang dikelola tidak akan optimal. Selain itu, ketiadaan perencanaan bisa
berakibat tidak adanya arahan yang jelas untuk mencapai tujuan bisnis. Ada pun
hal-hal yang perlu direncanakan adalah sebagai berikut.
1. Bentuk
Bisnis Cuci Motor dan Mobil
Pilihan bentuk bisnis cuci kendaraan berupa cuci motor
dan mobil untuk kelas menengah ke bawah atau untuk menengah ke atas. Bisa juga
hanya bisnis cuci motor saja karena tempat dan fasilitas terbatas. Penentuan
bentuk bisnis dilakukan dengan melakukan analisis terhadap konsumen sebagai
sasaran objek dari jasa cuci kendaraan. Analisis meliputi tempat tinggal, jenis
kendaraan yang dipakai, dan jumlah kendaraan yang melalui lokasi bisnis. Hal
ini sangat penting untuk memulai bisnis cuci kendaraan. Penentuan bentuk bisnis
juga disesuaikan dengan modal yang dipunyai.
2. Perencanaan
Pelayanan
Pelayanan seperti apa yang akan diberikan kepada
konsumen? Misalnya, untuk cuci motor dan mobil kelas menengah ke bawah dengan
pelayanan berupa pencucian bagian luar kendaraan cukup dengan pemakaian shampo
dan air. Namun, terdapat juga pelayanan pencucian kendaraan dengan menggunakan
teknik snow wash dan sekaligus perawatan kendaraan.
3. Perencanaan
Lokasi
Lokasi bisnis cuci kendaraan bermotor harus direncanakan.
Pilih lokasi yang strategis dan sesuai dengan konsep pelayanan yang dipilih.
Lokasi yang mudah dijangkau merupakan pilihan yang tepat untuk bisnis cuci
kendaraan bermotor dengan dilengkapi fasilitas ruang tunggu yang nyaman bagi
pelanggan.
4. Perencanaan
Konsep Bisnis
Meliputi bisnis seperti apa yang akan dijalankan? Berapa
jumlah pegawai yang diambil? Bagaimana istem pengelolaan bisnisnya? Apakah akan
mengelola sendiri atau mengangkat manajer pengelola? Dan berapa modal yang akan
kita perlukan? Dengan demikian, bisnis yang kita dirikan akan memiliki konsep
yang berbeda dengan para pesaing, terutama harga lebih murah dengan pelayanan
yang ramah dan lebih baik.
- MEMULAI
Untuk memulai suatu usaha kita harus
siap kalau sudah siap kita perlu segera melakukannya, karena kalau kita hanya memikirkan
dan mempertimbangkannya saja, maka usaha itu tidak akan terealisasi. Menurut
pengalaman pengusaha sukses, jauhkanlah pemikiran-pemikiran buruk dan segeralah
untuk merealisasikan usaha, jadi lebih baik segera memulainya dan menghadapi
semua masalah yang akan terjadi. Untuk memulai sebuah usaha cuci kendaraan kita
harus siap mental, karena kalau kita tudak percaya diri dalam memulai sebuah
usaha maka rencana yang telah kita buat akan menjadi sia-sia. Karena bisnis
usaha cuci kendaraan bermotor masih dilihat sebagai bisnis yang rendahan,
recehan, ribet dll. Jadi mulailah dengan hati yang dan jiwa yang mantap. Selain
itu kita harus yakin dan percaya bahwa usaha cuci kendaraan adalah bisnis
yang besar dan sangat menguntungkan.
Usaha cuci kendaraan memiliki berbagai
variasi dalam memberikan pelayanannya kepada para pengguna jasanya.
Kualitas pelayanan sangat menentukan maju dan mundurnya yang dilakukan.
1. Fasiltas
dan Pelayanan
Selain tempat mencuci kendaraan adalah kamar kecil (WC),
mushola, dan ruang tunggu. Untuk ruang tunggu dapat dilengkapi dengan televisi
dan beberapa tabloid, tabloid otomotif atau surat kabar. Berikyan pelayanan
yang dapat menambah kepercayaan konsumen. Usaha cuci sepeda motor pelayanan
yang dapat diberikan adalah jasa cuci motor, ganti oli, semir ban, dan semir
body. Untuk cuci mobil berbeda dengan cuci motor perbedaannya terletak pada
pelayanan pembersiahn interior bagian dalam mobil. Komunikasikan terlebih
dahulu kepada konsumen pelayanan yang mereka inginkan karena hal ini terkait
dengan kepuasan dan besarnya harga yang ditawarkan kepada konsumen. Selain
memberikan pelayanan standar kita juga dapat menawarkan pelayanan lebih.
Misalnya bila kita mengetahui ada bagian motor atau mobil yang perlu diperbaiki
kita dapat memberitahukannya kepada konsumen. Hal ini dapat membuka peluang
baru untuk menambah pelayanan yang diberikan, yaitu service mobil atau motor
dengan menyediakan suku cadang motor atau mobil yang siap pakai seperti busi,
bolam lampu dll.
2. Proses
Pencucian
Proses pencucian merupakan proses yang sangat penting.
Karena pengetahuan proses pencucian yang benar merupakan kunci utama dari
jalannya usaha cuci kendaraan bermotor.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam proses pencucian adalah sbb:
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam proses pencucian adalah sbb:
ü Air
Media utama yang diperlukan dalam proses mencuci kendaraan bermotor adalah air. Kita harus memperhatikan kondisi air yang kita gunakan apakah terlihat keruh atau tidak? Terutama jika kita menggunakan sumur atau sumber mata air. Karena jika air itu keruh atau kotor kendaraan tidak semakin bersih tetapi kotorannya semakin bertambah. Dengan demikian kita harus menggunakan air yang benar-benar bersih.
Media utama yang diperlukan dalam proses mencuci kendaraan bermotor adalah air. Kita harus memperhatikan kondisi air yang kita gunakan apakah terlihat keruh atau tidak? Terutama jika kita menggunakan sumur atau sumber mata air. Karena jika air itu keruh atau kotor kendaraan tidak semakin bersih tetapi kotorannya semakin bertambah. Dengan demikian kita harus menggunakan air yang benar-benar bersih.
ü Peralatan
Mencuci
Sebelum melakukan proses pencucian, mesin untuk mencuci
atau steam wash machine harus dalam keadaan siap begitu juga dengan peralatan
yang lain seperti snow wash, lap kanebo, sikat, shampo, silikon dan peralatan
yang dibutuhkan lainnya.
Berikut penjelasan mengenai alat-alat yang dibutuhkan dalam usaha mencuci kendaraan bermotor :
Berikut penjelasan mengenai alat-alat yang dibutuhkan dalam usaha mencuci kendaraan bermotor :
Ø Hidrolik
(single post)
Alat ini digunakan untuk mengangkat kendaraan bermotor.
Fungsinya agar kita lebih mudah dalam proses pencucian kendaraan, karena
dengan pompa hidrolik kita bisa menjangkau sampai ke kolong-kolong kendaraan
yang susah dijangkau.
Ø Steam
Wash Machine (Water Preassure)
Alat ini berfungsi untuk mencuci kendaraan bermotor. Alat ini dapat menyedot air hanya dari wadah tanpa disambungkan ke kran air yang tentunya akan lebih praktis dan hemat.
Alat ini berfungsi untuk mencuci kendaraan bermotor. Alat ini dapat menyedot air hanya dari wadah tanpa disambungkan ke kran air yang tentunya akan lebih praktis dan hemat.
Ø Snow
Wash (Tabung untuk Cuci Salju)
Alat dapat menghasilkan cairan yang ketika disemprotkan sudah menjadi busa putih bergumpalan seperti salju yang menutupi kendaraan. Hasilnya tentu saja berbeda dari sabun cuci biasa. Kesan atau efek wax yang membuat kendaraan terlihat licin pada setiap bagian kendaraan dapat terlihat dengan jelas.
Alat dapat menghasilkan cairan yang ketika disemprotkan sudah menjadi busa putih bergumpalan seperti salju yang menutupi kendaraan. Hasilnya tentu saja berbeda dari sabun cuci biasa. Kesan atau efek wax yang membuat kendaraan terlihat licin pada setiap bagian kendaraan dapat terlihat dengan jelas.
Ø Kompressor
Alat ini berfungsi untuk menaikkan pompa hidrolik saat melakukan pencucian kendaraan bermotor. Selain digunakan untuk menaikan pompa hidrolik kompresor juga digunakan untuk memberikan tekanan pada tabung snow wash (tabung salju), untuk membantu waktu pengeringan kendaraan bermotor misalnya untuk meniup atau mengeluarkan air yang tidak dapat dijangkau dengan lap serta untuk menambah angin bagi kendaraan pelanggan yang kekurangan angin.
Alat ini berfungsi untuk menaikkan pompa hidrolik saat melakukan pencucian kendaraan bermotor. Selain digunakan untuk menaikan pompa hidrolik kompresor juga digunakan untuk memberikan tekanan pada tabung snow wash (tabung salju), untuk membantu waktu pengeringan kendaraan bermotor misalnya untuk meniup atau mengeluarkan air yang tidak dapat dijangkau dengan lap serta untuk menambah angin bagi kendaraan pelanggan yang kekurangan angin.
Ø Vacuum
Cleaner (Penyedot Debu)
Alat ini digunakan untuk membersihkan bagian interior
dalam mobil seperti tempat duduk dan karpet dari debu dan kotoran lainnya yang
menempel.
Ø Lap
Kanebo
Lap kanebo merupakan lap yang khusus digunakan untuk
menyeka sisa air khusus kendaraan. Ada dua type kanebo yaitu kanebo yang khusus
untuk mengelap bagian yang halus seperti badan kendaraan, tangki, kaca atau
mika lampu. Sedangkan kanebo yang satunya khusus untuk mengelap bagian velg,
ban, mesin dll.
Ø Sikat
Sikat berfungsi untuk membersihkan bagian-bagian tertentu
seperti ban dan velg.
Ø Spon
(Busa)
Spon digunakan untuk mencuci atau menggosok kendaraan
waktu kendaraan disemprot pakai busa salju sehingga dapat menjangkau seluruh
permukaan kendaraan. Penggunaan busa ini dapat mencegah terjadinya guratan atau
goresan pada badan kendaraan.
Langkah-langkah bagaimana mencuci motor atau mobil dengan
menggunakan peralatan yang sudah dijelaskan di atas.
Kendaraan roda dua (motor)
Kendaraan roda dua (motor)
1) Sebelum
proses pencucian buka jok motor hal ini bertujuan untuk membersihkan
bagian-bagian dalam motor dan juga untuk mengeluarkan barang-barang yang ada di
bawah jok motor.
2) Naikan
kendaraan dengan menggunakan pompa hidrolik sesuai kebutuhan karena hal ini
akan lebih memudahkan kita dalam membersihkan bagian bawah mesin atau
kolong-kolong yang tidak terjangkau.
3) Semprot
seluruh badan motor dengan air bertekanan tinggi (dengan memakai mesin steam)
hingga kotoran besar yang melekat pada kendaraan dapat terlepas. Awali dengan
mencuci dari bagian bawah atau roda karena banyak kotoran yang menempel.
Semprot bagian ban terlebih dahulu karena dimaksudkan untuk menghindari
cipratan kotoran yang dari bawah yang sering mengotori badan motor.
4) Mulailah
menggosok bagian kaki-kaki dan bagian mesin setelah itu bagian badan atau
tangki dan lampu. Pencucian bagian badan menggunakan spon atau busa yang khusus
untuk membersihkan badan motor.
5) Proses
pencucian dengan menggunakan snow wash (salju). Proses snow wash ini bertujuan
untuk memaksimalkan kebersihan pencucian juga sekaligus mengilapkan badan
motor. Setelah itu semprot pakai air dengan menggunakan mesin steam.
6) Turunkan
kendaraan dari pompa hidrolik ke lantai
7) Untuk
selanjutnya proses pengeringan. Proses pengeringan dilakukan dengan menggunakan
kanebo dan kain yang halus dan untuk mengeluarkan air disela-sela kendaraan
serta untuk mempercepat proses pencucian dapat menggunakan angin kompresor.
Untuk pengeringan mulailah dari bagian atas baru turun kebagian bawah dengan
tujuan bagian yang sudah kering tidak terkena air lagi.
8) Poles
badan motor dengan produk pemoles body motor. Hasilnya motor akan telihat
bersih, mengkilap dan nyaman untuk dikendarai.
9) Setelah
pencucian bersih pada ban dan sudah melalui proses pengeringan agar ban
terlihat lebih mengkilat dapat kita gunakan semir ban. Oleskan dengan
menggunakan kuas atau kanvas besar ke bagian ban.
Kendaraan roda empat (mobil)
1) Posisikan
mobil diatas hidrolik angkat dan bersihkan terlebih dahulu bagian bawah
mobilseperti dek, bagian dalam spakbor dan bagian dalam bemper karena bagian
ini paling sering terkena kotoran seperti lumpur, tanah dan aspal.
2) Setelah
bagian bawah selesai cuci bagian atas mobil dimulai dengan membasahi bagian
atap mobil dengan cara menyemprot dengan air menggunakan mesin steam sampai
rata.
3) Semprot
dengan busa salju sampai ke seluruh badan mobil kemudian gosok dengan spon
atau busa yang halus untuk mencegah goresan pada badan mobil ratakan pada
seluruh badan mobil dan sisi-sisi mobil yang lain. Kemudian semprot dengan air
menggunakan mesin steam.
4) Proses
pengeringan. Untuk mengeringkan mobil yang sudah dicuci dapat menggunakan lap
atau kain yang dapat menyerap air atau kanebo dan lakukan secara merata untuk
mencegah bekas air yang menempel. Untuk mengeluarkan air dari celah-celah kaca
dapat menggunakan angin kompresor kemudian sisanya dilap dengan kanebo. Proses
pengeringan harus dilakukan dengan hati-hati untuk mencegah adanya sisa air
yang menempel pada badan mobil yang dapat menyebabkan karat pada mobil.
5) Dengan
menggunakan vacuum cleaner atu penyedot debu mulai lakukan penyedotan kotoran
dibagian dek atau bangku serta interior lainnya.
6) Setelah
dilakukan penyedotan dan pembersihan kotoran di dalam interior mobil, dasbor
dan roda mobil disemir agar terlihat hitam dan mengkilap.
nice info
ReplyDeletemakasih gan commentnya
Delete