Translate

Monday, October 22, 2012

USAHA CUCI MOTOR & MOBIL SECARA MODERN



USAHA CUCI MOTOR & MOBIL SECARA MODERN


LATAR BELAKANG

Perkembangan jumlah kendaraan bermotor dari tahun ke tahun meningkat secara signifikan. Fenomena tersebut disebabkan masyarakat sekarang ini lebih menyukai memakai kendaraan pribadi dari pada harus menggunakan kendaraan umum. Alasannya klasik, yaitu tidak mau repot! Dan kebutuhan akan transportasipun semakin meningkat. Hal ini dapat dilihat dari bertambahnya jumlah kendaraan yang terjual setiap tahunnya. Selain itu, jumlah angkutan umum perkotaan maupun pedesaan turut meningkat juga. Peningkatan ini mencakup jenis kendaraan seperti sepeda motor & mobil. Salah satu faktor pemicu kenaikan ini adalah tingkat kemakmuran masyarakat yang semakin tinggi.
Dengan semakin banyaknya peningkatan jumlah sepeda motor & mobil akan semakin membuka peluang bagi kita untuk membuka bisnis cuci kendaraan dan juga dapat memberikan peluang pasar yang sangat potensial dan prospektif bagi kita untuk membuka usaha yang bergerak di bidang jasa perawatan motor maupun mobil. Seperti kita ketahui tidak semua orang mau mencuci kendaraannya sendiri , apalagi orang yang bekerja seperti mereka yang tinggal di kota-kota besar. Akibat kesibukannya, mereka lebih memilih memanfaatkan jasa cuci motor & mobil untuk membersihkan kendaraannya. Selain waktu yang tidak cukup untuk melakukan pekerjaan ini , kendala lainnya adalah kualitas hasil penyucian jika dilakukan sendiri. Selain aspek kepraktisan, jasa cuci motor & mobil ini juga dapat mengatasi kendala waktu untuk membersihkan kendaraan dan dapat menambah relasi.
Kunci utama dalam menjalani atau memulai bisnis adalah sikap mental kita. Mau atau tidak! Jika ada kemauan maka bisnis yang kita jalani pun akan terlaksana dengan mudah. Kunci sukses bisnis ini terletak pada kualitas hasil cucian itu. Kalau pelayanan memuaskan pasti pelanggan akan kembali memakai jasa kita. Namun kalau tidak memuaskan pasti akan mencari tempat lain. Oleh karena itu untuk menjaga agar para pelanggan tetap tetap setia kepada kita, maka pelayanan yang diberikan haruslah maksimal. Dengan demikian kepercayaan para pelanggan terhadap kualitas jasa yang kita tawarkan tetap terjaga.



PELUANG BISNIS

Bisnis cuci kendaraan termasuk bisnis yang banyak diminati saat ini. Bisnis ini mendatangkan keuntungan yang besar setiap bulannya. Sebagai contoh, seorang pengusaha bisnis cuci motor, dengan mencuci sepeda motor  rata-rata  20 pelanggan per hari, dengan harga jasa cuci 7000 per motor, dalam sebulan ia bisa mengumpulkan 3 - 4 juta rupiah. Pemasukan ini belum dikurangi biaya operasional dan bahan baku. Meski demikian, setelah dikurangi biaya-biaya, hasilnya sangat menguntungkan.
Bisnis cuci motor merupakan bisnis yang fleksibel dan membuka peluang bisnis sampingan yang mendukung keberadaan layanan cuci motor, seperti minimarket, ganti oli, penjualan pulsa, aksesoris motor dan kelengkapan berkendara, bahkan warung makan atau kafe.
Bisnis cuci motor termasuk bisnis yang tidak mengenal musim. Di musim hujan, kendaraan cepat kotor akibat lumpur dan kubangan air. Motor memerlukan perawatan dan pencucian setelah terkena air hujan karena kotoran yang melekat pada bodi dan rangka motor menyebabkan karat jika tidak segera dibersihkan. Demikian juga di musim kemarau, kendaraan tetap memerlukan perawatan dan pencucian dari kotoran dan debu yang menempel. Demi menjaga performa motor tetap prima dan terawat, tentunya faktor kebersihan sangat penting.
Meski tak mengenal musim, ada momen-momen yang akan meningkatkan omzet bisnis cuci kendaraan bermotor ketika masa liburan, baik libur nasional maupun libur sekolah. Hampir setiap keluarga merencanakan keluar rumah dan menginginkan kendaraannya tetap bersih. Dengan pengorbanan bekerja lembur di tengah orang lain menikmati liburannya, pebisnis jasa cuci kendaraan mampu meraup rejeki yang banyak.












MANFAAT ADANYA CUCI MOTOR ATAU MOBIL BAGI KONSUMEN

Perkembangan jumlah kendaraan bermotor yang meningkat setiap tahunya merupakan salah satu peluang besar dalam bisnis cuci kendaraan. Banyak orang yang tidak mempunyai waktu untuk membersihkan kendaraan sendiri. Apalagi bagi para pegawai yang dituntut untuk bekerja seharian sehingga mereka tidak mempunyai waktu luang untuk membersihkan kendaraannya sendiri. Selain itu, bila membersihkan kendaraan sendiri dikawatirkan tidak bersih karena keterbatasan peralatan. Beberapa informasi adanya peluang bisnis cuci kendaraan bermotor berdasarkan konsumen.
a)    Pemilik kendaraan tidak mau repot membersihkan kendaraannya sendiri.
Pemilik kendaraan sudah tidak mempunyai waktu untuk membersihkan kendaraannya sendiri, karena sudah disibukkan dengan pekerjaannya. Selain itu pekerjaan mencuci kendaraan merupakan pekerjaan yang membosankan dan tidak menyenangkan serta membuang waktu dan tenaga.  Sebagian orang gemar mencucikan kendaraannya di tempat jasa cuci motor dan mobil karena praktis, murah, dan hasilnya memuaskan. Dan ada kecenderungan lain, yaitu mencuci kendaraan sambil beristirahat. Oleh karena itu beberapa jasa cuci kendaraan bermotor juga menyediakan ruang tunggu yang nyaman.

b)    Fasilitas di rumah terbatas
Pemilik kendaraan mengharapkan kondisi kendaraannya selalu kelihatan bersih, mulus, mengkilap, dan wangi. Untuk mendapatkan hasil sesuai yang di inginkan tentu saja memerlukan fasiliatas yang lengkap. Tidak dipungkiri dengan fasilitas yang minim di rumah maka hasil pencuciannya tidak optimal bahkan tidak bersih. Dengan peralatan yang serba terbatas, mencuci dirumah akan memboroskan tenaga, waktu serta air yang tidak sedikit.









c)    Biaya Lebih Murah
Mencuci dirumah mungkin lebih murah bagi sebagian orang, namun kalau dihitung-hitung akan lebih murah bila mencuci ditempat pencucian. Coba hitung volume air yang digunakan, sabun, semir ban dan sebagainya. Belum lagi tenaga dan waktu untuk mengerjakannya. Dengan biaya yang cukup murah kendaraan kembali bersih, wangi, dan nyaman untuk dikendarai. Selain itu pemilik kendaraan dapat menambah relasi atau rekanan. Banyak tempat cuci yang dijadikan ajang untuk berkumpul dan saling tukar informasi.


PELUANG USAHA CUCI MOTOR BAGI PEBISNIS

Hal-hal yang membuat mereka memilih mendirikan usaha cuci kendaraan dibandingkan jenis bisnis lainya.
a)    Modal Kecil
Usaha cuci kendaraan bermotor merupakan bisnis dibidang jasa sehingga tidak memerlukan modal yang besar, tetapi bisnis pencucian kendaraan bermotor memerlukan pelayanan yang prima.

b)    Pengelolaan Tidak Rumit
semua bisnis tidak dapat terhindar dari masalah pengelolaan dan administrasi. Tingkat kerumitan dan kesulitannya bergantung pada bidang usaha, ada yang rumit ada juga yang sederhana. Hal ini akan mempengaruhi biaya operasional dan resiko usaha. Semakin rumit pengelolaan dan administrasinya maka akan semakin tinggi biaya operasional yang harus dikeluarkan. Misalkan bisnis swalayan yang merupakan bisnis ritel. Swalayan memiliki data yang besar dan rumit. Adapun bisnis pencucian kendaraan bermotor merupakan bisnis yang dapat dikelola secara sederhana dan memiliki administrasiyang tidak rumit. Dengan menggunakan buku yang sederhana dapat mengontrol semua keuangan. Pencatatan dari segala jenis pemasukan dan pengeluaran punpenting untuk kelancaran usaha ini. Seperti nota-nota, kwitansi karena dapat mempermudah dan memperjelas penggunaan uang. Administrasi keuangan dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi dari perkembangan bisnis usaha cuci kendaraan bermotor ini. Usaha pencucian kendaraan bermotor hanya terdiri beberapa item saja seperti harga cuci kendaraan, harga ganti oli dan sebagainya. Hanya terdiri dari beberapa puluh item saja sehingga lebih mudah dan sederhana pengelolaannya. Hal ini berbeda dengan swalayan yang terdiri dari ribuan item.

c)    Karyawan Mudah Didapatkan dan Tidak Memerlukan Ketrampilan Khusus.
Usaha pencucian kendaraan bermotor selain tidak rumit dalam pengelolaannya dapat juga mempekerjakan hanya dengan beberapa orang saja.  Hanya dengan seorang pegawai untuk bagian administrasi sekaligus merangkap kasir dan ditambah beberapa orang untuk bagian pencucian kendaraan. Kita dapat dengan mudah mendapatkan karyawan dari sekitar tempat usaha kita. Dengan sedikit pelatihan mengenai cara membersihkan kendaraan yang benar, kita dapat langsung mempekerjakan mereka. Bisnis cuci kendaraan ini juga dapat dipimpin oleh seorang manager. Dengan demikian si pemilik usaha tidak harus mengatur sendiri manajemen usahanya. Cukup dengan seseorang yang siap mengawasi jalannya usaha cuci kendaraan, kita dapat dengan mudah menjalankan bisnis ini.

d)    Gaji Karyawan Dapat Berbagi Hasil
Untuk pemberian gaji karyawan dapat dilakukan sesuai keinginan, Apakah dengan sistem gaji harian, mingguan, atau bulanan. Dapat juga dilakukan secara langsung tergantung pada banyaknya kendaraan yang dicuci setiap harinya. Dengan pembagian keuntungan anatara pemilik usaha dengan pegawai yang telah disepakati bersama, maka pegawai dapat secara lansung mengambil bagian dari hasil kerjanya. Misalnya 70% untuk pemilik usaha dan 30% untuk pekerja dari semua total penerimaan.

Untuk memulai usaha cuci kendaraan bermotor kita harus selalu mengingat konsep 4P (Product, Price, Place, dan Promotion) untuk mengetahui apa saja yang diperlukan sehingga perencanaan dan konsep dapat dibuat secara matang. Dalam perencanaan bisnis cuci kendaraan, yaitu menyangkut alat dan bahan yang diperlukan, harga yang harus diberikan untuk setiap jenis jasa, lokasi atau tempat yang strategis, serta teknik promosi yang baik dan tepat sesuai sasaran sehingga dapat menarik banyak pelanggan, maka dengan demikian bisnis kita pun akan berkembang.




a)    Product
Setiap bisnis pasti mempunyai barang atau jasa yang ditawarkan kepada konsumen. Bisnis cuci kendaraan merupakan salah satu bisnis yang bergerak dalam bidang jasa dengan produk berupa pelayanan jasa dan barang. Bisnis cuci kendaraan bermotor menawarkan jasa cuci motor atau mobil, jasa semir, serta perawatan badan motor dan mobil. Untuk produk yang berupa barang merupakan bisnis pendamping dari cuci kendaraan bermotor seperti menjual berbagai aksesoris motor, ganti oli, makanan dan minuman. Untuk merintis bisnis ini kita harus mengetahui gambaran umum dari setiap jenis pelayanan cuci kendaraan.
Berikut  berbagai  tipe usaha cuci kendaraan :
1.    Usaha Cuci Sepeda Motor
Membuka  bisnis cuci motor berbeda dengan bisnis salon dan cuci mobi. Yang ditawarkan untuk jasa cuci sepeda motor jauh lebih rendah dari harga jual jasa cuci mobil. Pada umumnya bisnis cuci sepeda motor mudah diterapkan karena hanya membutuhkan tempat yang tidak begitu luas dan beberapa peralatan mencuci. Biasannya usaha ini satu paket dengan ganti oli atau isi angin kendaraan. Salah satu yang mendasari banyak orang yang membuka usaha cuci motor ini, karena semakin tingginya pemakai sepeda motor dari tahun ke tahun yang meningkat secara signifikan. Usaha cuci sepeda motor lebih bagus dilakukan dipinggir jalan yang banyak dilalui kendaraan. Modal yang dibutuhkan untuk membangun usaha ini berkisar antara Rp. 25-35 juta. Dengan minimal karyawan 4-6 orang. Untuk pelayanan tambahan bisa kita tambah berupa service ganti oli di tempat usaha cuci motor kita. Hal ini dapat mempermudah pelanggan kita untuk perawatan maupun mengganti oli kendaraannya. Dengan begitu pelanggan tidak perlu berganti tempat untuk mendapatkan service kendaraannya.

2.    Usaha Cuci Mobil
Dengan semakin bertambahnya kendaraan roda empat setiap tahunnya, prospek dan potensi untuk usaha jasa cuci mobil sangat menjajikan. Dengan lokasi yang mudah dijangkau dan harga yang bersahabat serta kualitas pelayanan yang memuaskan, usaha ini dapat mendatangkan profit yang besar. Karena kunci utama usaha ini adalah kualitas pelayanan dan kepercayaan para pelanggan. Dengan lokasi yang strategis dan dengan service yang berazas loyalitas terhadap pelanggan karena semua itu merupakan aspek pelayanan yang mempunyai peranan dalam mempertahankan usaha cuci mobil yang kita dirikan. Pada dasarnya usaha seperti ini membutuhkan peralatan yang sama dengan usaha cuci sepeda motor. Hanya saja kita membutuhkan lahan yang lebih luas dan juga memerlukan pompa hidrolik untuk mempermudah pencucian mobil terutama bagian bawah mobil yang sulit dijangkau. Sama halnya dengan usaha cuci motor, usaha cuci mobil biasanya dilengkapi juga dengan ganti oli, pengisian angin ban kendaraan, accesories mobil dan suku cadang mobil. Selain itu kita juga dapat membuka usaha yang dapat didampingkan dengan tempat cuci kendaraan kita seperti counter pulsa, makanan dan minuman. Dengan demikian kita akan mendapatkan penghasilan tambahan dan akan menjadi nilai tambah serta daya tarik dari usaha cuci kendaraan kita.

3.    Usaha Cuci Mobil & Motor
Keberanian untuk membuka suatu usaha yang kompleks merupakan suatu tantangan tersendiri, begitu pula dengan usaha cuci sepeda motor dan mobil. Memang dibutuhkan modal yang lebih banyak dibandingkan usaha cuci motor atau mobil saja. Denagn dua jenis usaha cuci kendaraan motor & mobilberarti kita membutuhkan ruang usaha yang cukup minimal untuk dua mobil dan dua dan dua sepeda motor. Dengan konsep yang sama yaitu cuci kendaraan kita dapat memberi service untuk semua jenis kendaraan. Alat dan bahan yang dibutuhkan pun sama dengan usaha cuci motor atau mobil yaitu alat-alat untuk membersihkan kendaraan dan pompa hidrolik. Usaha ini banyak diminati karena banyak orang yang mempunyai mobil & sepeda motor. Karena konsep yang sama itulah kita dapat menghemat pembelian alat dan bahan untuk mencuci kendaraan seperti shampo, sabun, sikat, ember, kompresor, tabung snow wash, lap kain, kanebo dan perlengkapan lainnya yang dapat digunakan untuk membersihkan atau mencuci motor maupun mobil.




b)    Harga
Dalam usaha cuci kendaraan ini kita memerlukan perhitungan yang tepat agar bisnis yang kita jalankan tidak mengalami kerugian. Biaya yang dikeluarkan untuk membeli peralatan mencuci seperti shampo, sabun, biaya sewa tempat, gaji karyawan, biaya listrik, serta air dikalkulasi. Perkiraan kendaraan yang datang setiap harinya juga perlu diperhitungkan. Dengan demikian kita dapat menentukan hargayang tepat bagi para konsumen. Untuk menentukan harga juga dapat dilakukan dengan cara lain yaitu dengan membandingkan harga di tempat lain. Perlu dilakukan survei harga dan pelayanan sebagai bahan pembanding sehingga dapat menentukan harga yang bersaing dengan pengusaha lain. Dengan cara ini kita bisa memberikan nialai plus. Nilai plus ini menjadi strategi bisnis yang baik karena memberikan perbedaan pelayanan dengan tempat cuci kendaraan yang lain.

c)    Lokasi Usaha
Di dalam menentukan tempat untuk mendirikan suatu usaha kita harus melihat dari kebutuhan konsumen. Seperti halnya mendirikan usaha cuci kendaraan, maka kita harus jeli dalam melihat daerah mana saja yang berpeluang untuk didirikanya suatu tempat usaha cuci kendaraan motor dan mobil. Yang terpenting lokasi terletak di pinggir jalan besar. Penentuan lokasi untuk usaha cuci kendaraan sangat berpengaruh terhadap pendapatan yang akan kita peroleh. Pilihlah tempat yang strategis, yaitu lokasi yang banyak dilalui kendaraan bermotor. Pertimbangan lainya adalah ada tidaknya pesaing, karena lokasi yang belum banyak pesaingnya lebih prospek/lebih potensial. Jika ada pesaing maka strategi dalam menentukan nilai plus sangat dibutuhkan. Dalam memilih lokasi juga harus memperhatikan aspek lain seperti lokasi harus dekat dengan sumber air dan lokasi pembuangan air bekas cucian kendaraan. Karena ini dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada para pemakai jasa. Oleh karena itu pilihlah lokasi yang ramai dilewati berbagai kendaraan dan dekat dengan sumber air serta saluran pembuangan sisa air cucian. Disamping menyediakan tempat untuk cuci kendaraan diperlukan pula tempat untuk kenyamanan pengunjung atau pelanggan untuk bersantai. Tempat yang dibutuhkan pun tidak haru mahal atau luas cukup dengan beberapa kursi, dengan beberapa properti seperti televisi, pemutar musik, beberapa surat kabar atau majalah otomotif. Karena hal ini sudah banyak dilakukan dan terbukti membuat para pelanggan menjadi nyaman dan santai sambil menunggu kendaraannya dicuci.
Hal lain yang harus diperhatikan setiap harinya adalah kebersihan. Setelah pencucian, sampah botol atau plastik sisa sabun cuci kebersihan harus segera dibuang ke tempat sampah. Lantai pun harus senantiasa dibersihkan. Jangan sampai sisa bekas cucian menggenang. Lap kain yang digunakan pun perlu diganti bila telah usang.

d)    PROMOSI   
Faktor promosi merupakan faktor penting dalam menjalankan bisnis. Besarnya penjualan barang dan jasa yang kita tawarkan bergantung pada seberapa efektif promosi yang telah dilakukan. Media promosi dapat berupa media cetak dan media elektronik. Manfaat promosi adalah menambah jumlah pengunjung yang datang. Media promosi berguna untuk menyebarkan informasi bisnis dalam jangka panjang. Beberapa media promosi dapat berupa :
1.    Brosur
Salah satu media promosi yang dapat kita lakukan dalam bisnis cuci kendaraan adalah dengan penyebaran brosur. Buatlah brosur yang sederhana dan menarik. Cantumkan nama, jenis pelayanan yang diberikan, harga, dan alamat tempat cuci kita. Sebagai promosi harga, kita tawarkan harga promosi terlebih dahulu. Jika bisnis kita sudah berjalan, barulah kita naikkan harga secara bertahap. Selain harga promosi, dapat juga diberikan diskon 10-20% atau diberikan layanan cuci gratis setelah 10 kali datang.
Pembagian brosur dapat kita lakukan pada kendaraan atau angkutan umum yang lewat. Atau dapat juga dengan memasangnya di tempat-tempat umum yang mudah dilihat dan dilewati banyak orang.

2.    Media Lisan
Promosi dari mulut ke mulut dapat dimulai dari teman, rekan kerja, atau keluarga kita terlebih dahulu. Dengan cara ini, orang akan lebih cepat tahu akan jasa yang kita tawarkan. Media lisan ini tidak memerlukan biaya, hanya dibutuhkan kepiawaian kita dalam berkomunikasi dengan orang lain. Media lisan ini juga dapat kita lakukan melalui pengunjung atau pemakai jasa cuci kendaraan. Selama proses pencucian, ciptakan suasana yang menyenangkan, misalnya ajak pengunjung mengobrol. Dari obrolan yang menyenangkan kita mempromosikan bisnis kita.
Selain itu kita juga dapat memperbanyak relasi agar bisnis berkembang cepat. Dengan banyaknya relasi yang kita miliki maka media lisan ini akan berhasil dan semakin banyak pula yang mengenal dan menggunakan jasa cuci kita.

3.    Papan nama
Pemasangan label bisnis menjadi faktor penting dalam mempromosikan bisnis cuci motor dan mobil. Misalnya pemberian nama dan pilihan jenis huruf dan ukuran. Pilihlah tulisan yang besar dan menarik yang mudah dilihat dan diingat orang yang membacanya. Papan nama dipasang di depan lokasi bisnis. Papan nama dapat dibuat dari kayu, dapat pula berupa spanduk bentang yang dapat mudah dilihat oleh pemakai jalan.

4.    Internet
Bisnis cuci kendaraan dapat dipromosikan melalui media internet misalnya dalam bentuk web, iklan baris, blog, dan sebagainya. Hal ini bisa dilakukan jika bisnis ini sudah berjalan dan berskala besar. Memuat profil bisnis di iklan mini pun dapat dilakukan. Melalui situs-situs bisnis, kita dapat menampilkan profil bisnis kita agar dapat diakses orang lain dengan mudah. Tampilkan profil bisnis  dengan layout dan informasi yang jelas terutama mengenai lokasi dan nomor telepon dan handphone yang dapat dihubungi.

5.    Media Cetak
Memasang iklan di media cetak di antaranya melalui iklan baris pada surat kabar atau tabloid. Surat kabar atau tabloid yang dipilih dapat berupa koran lokal atau umum dan tabloid otomotif.











PENGELOLAAN BISNIS JASA CUCI KENDARAAN BERMOTOR

  1. PEMASARAN

    Kita tidak memerlukan teori pemasaran yang kompleks. Para konsumen akan datang dengan sendirinya sehingga kita tinggal melaksanakan tugas sebagai penyedia jasa cuci kendaraan bermotor. Cermati keinginan konsumen. Dengan memberikan hasil cucian kendaraan yang terbaik, kita sudah melakukan hal positif bagi bisnis tersebut.
    Pemasaran dapat secara langsung kita lakukan yaitu dengan pelayanan yang memuaskan. Bisnis cuci kendaraan ini tidak memerlukan distribusi untuk menyebarkan pelayanan yang ada. Bisnis ini merupakan salah satu jenis bisnis yang secara langsung memberikan pelayanan di tempat. Teknik pemasaran yang sederhana inilah yang membuat bisnis ini semakin banyak diminati.

  1. KEUANGAN   

    Pengaturan keuangan harus dilakukan secara detail dan terdokumentasi dengan baik dalam pembukuan. Bisnis cuci kendaraan memiliki pengaturan keuangan yang mudah. Pengaturan keuangan dapat kita mulai dari mengatur modal awal untuk memulai bisnis ini. Catat semua peralatan yang dibutuhkan untuk memulai bisnis. Untuk mengatahui harga-harga alat dan bahan yang dibutuhkan, kita perlu mengadakan survei ke beberapa tempat untuk mendapatkan harga yang lebih murah tetapi dengan kualitas yang baik.
    Pendirian lokasi bisnis harus kita kalkulasi lebih dulu. Mulai dari besarnya membeli atau menyewa lahan sampai bahan bangunan dan gaji pegawai bangunan. Bila kita tidak memiliki lahan sendiri, kita dapat menyewa lahan untuk keperluan ini. Perhitungkan harga sewa dengan memperhatikan keadaan lingkungan tempat cuci kendaraan dan saluran airnya.
    Besarnya biaya yang kita keluarkan dapat ditentukan dari jenis jasa yang kita tawarkan. Jasa cuci motor membutuhkan biaya yang lebih kecil dibandingkan untuk cuci mobil, terlebih bila kita mendirikan bisnis cuci motor dan mobil.




1.    Bisnis Cuci Motor
Bisnis cuci motor memerlukan tempat minimal berukuran 4x6 m2 atau dengan luas minimal 24 m2 untuk 2 - 3 motor. Dana yang dibutuhkan sekitar Rp 19.000.000,00. Biaya ini belum termasuk sewa tempat atau pembelian lahan. Modal 19 juta ini digunakan untuk membeli pompa air, pompa hidrolik, kompresor, steam, snow wash, dan peralatan cuci seperti sabun, shampo motor, silikon, sikat, kain lap (kanebo), dan pengilap cat motor.

2.    Bisnis Cuci Motor dan Mobil
Bisnis cuci motor dan mobil memerlukan modal awal yang cukup besar. Dengan kapasitas tempat untuk 2-3 motor dan 2 mobil dibutuhkan modal minimal Rp 60 juta bila menggunakan teknik snow wash.
Di bawah ini contoh yang dapat dijadikan bahan acuan untuk mendirikan bisnis cuci motor dan mobil dengan menggunakan cuci steam atau snow wash dengan modal awal Rp 50 juta.
a.    Alat dan Bahan yang Diperlukan
Untuk bisnis cuci motor dan mobil secara modern, kita dapat menggunakan compressor atau steam wash dengan ukuran sedang dan berat alat 12 kg. Alat ini didesain khusus untuk mencuci kendaraan roda empat, mengingat tekanan air yang dikeluarkan cukup kuat dan juga alat ini bisa menyedot air hanya dari wadah atau ember biasa tanpa disambungkan ke kran air dari toran air, tentunya akan lebih praktis dan lumayan hemat. Harga alat cuci tersebut untuk ukuran kecil mulai harga Rp 400.000,00 sampai Rp 1.000.000,00, sedangkan untuk ukuran sedang dijual antara Rp 1,5 - Rp 3 juta tergantung mereknya.

b.    Biaya untuk Mendirikan Tempat Cuci Motor dan Mobil
Besarnya biaya yang harus dikeluarkan bergantung pada ukuran tempat bisnis cuci kendaraan yang didirikan. Data di bawah ini adalan rincian biaya pengeluaran untuk bisnis cuci motor dan mobil dengan ukuran lahan 7 x 11 m2. Tempat merupakan milik pribadi dan air bersumber dari mata air atau sumur sehingga biaya pengeluaran air tidak termasuk di dalamnya.


c.    Biaya untuk Komunikasi
Alat komunikasi bertujuan untuk memudahkan jalannya bisnis. Misalnya, saat seorang pelanggan meninggalkan kendaraannya untuk dicuci, lalu ia meminta kita menghubunginya bila sudah selesai. Yang perlu diingat adalah gunakan alat komunikasi ini untuk bisnis, dan hindari untuk keperluan pribadi.

d.    Biaya untuk Bisnis Pendamping
Selain membuka bisnis cuci motor dan mobil, kita bisa juga mendirikan bisnis pendamping, misalnya kafetaria atau toko kecil yang mendiakan aneka minuman dan makanan ringan, penjualan pulsa, dan sebagainya. Selain menambah pemasukan, keberadaan kafetaria juga dapat mengurangi kejenuhan pelanggan saat menunggu dan tidak melakukan aktivitas apapun.  Biaya yang dikeluarkan tergantung pada jenis bisnis pendamping yang kita inginkan.

e.    Biaya untuk Operasional Awal
Biaya operasional merupakan biaya yang rutin kita keluarkan. Besarnya biaya operasional bergantung pada jenis layanan yang kita inginkan.

f.     Biaya Lain-lain
Biaya lain-lain berupa pengeluaran yang kecil, misalnya alat tulis dan kelengkapan administrasi.












  1. SUMBER DAYA MANUSIA

Umumnya bisnis cuci kendaraan mengambil pegawai yang bertempat tinggal di sekitar lokasi. Hal ini  dimaksudkan untuk memperkecil biaya transportasi pegawai ke tempat kerja. Selain itu, dapat turut membantu pengawasan keamanan tempat bisnis ini. Pegawai pencuci motor dan mobil tidak memerlukan persyaratan yang rumit dan tidak harus lulusan sekolah tertentu.  Ada beberapa sistem kepegawaian dalam bisnis ini. Ada yang mengambil pegawai tetap, ada juga yang menggunakan sistem lepas.  Jumlah pegawai disesuaikan dengan kebutuhan. Semakin besar bisnis ini semakin banyak pula dibutuhkan pegawai. Selain keterampilan mencuci dan membersihkan kendaraan, pegawai juga harus dilengkapi sikap dan cara komunikasi yang baik. Kejujuran pegawai merupakan faktor penting dalam melaksanakan tugas dan menjaga keutuhan kendaraan yang dicuci. Pembekalan pengetahuan yang harus dimiliki oleh pegawai bisnis cuci motor dan mobil adalah pengetahuan akan standar kebersihan motor dan mobil, cara membersihkan kendaraan, menyemir ban, dan mengetahui bagian mesin kendaraan yang dapat dicuci. Gaji karyawan dapat berupa gaji harian, mingguan, atau bulanan. Pemberian gaji bervariasi. Ada yang berdasarkan jumlah motor atau mobil yang dicuci atau bisa juga berdasarkan sistem bagi hasil.

  1. ADMINISTRASI

Administrasi merupakan media untuk mengevaluasi jalannya suatu bisnis. Administrasi untuk bisnis cuci motor cukup sederhana. Cukup dengan pembukuan yang menyangkut pencatatan modal awal, pembukuan biaya operasional per bulan, serta semua jenis transaksi yang dilakukan dengan teliti dan rapi. Misalnya mencatat setiap pengeluaran (listrik, air, gaji pegawai) serta pemasukan. Pencatatan modal awal serta pengeluaran awal untuk membuka bisnis cuci kendaraan sangat penting untuk mengetahui nilai Return of Investment (ROI) dan Break Event Point (BEP) sehingga kita dapat mengetahui berapa lama modal akan kembali. Jika sudah kembali modal, maka kita dapat mengembangkan bisnis ini dengan membuka cabang di tempat lain.
Dalam pembukuan, antara pemasukan dan pengeluaran harus dilakukan secara terpisah. Hal ini untuk memudahkan pengecekan seta menghitung untung ruginya. Buku yang digunakan dapat berupa buku besar berukuran folio yang biasa digunakan untuk mencatat pembukuan keuangan. Pengarsipan bukti transaksi seperti kuitansi tidak boleh kita lupakan. Pengarsipan ini berguna untuk pengecekan dan jika ditemukan hal-hal yang janggal kita dapat mengeceknya melalui bukti transaksi.
Penulisan laporan administrasi termasuk keuangan, dapat dibuat dengan beberapa format tulisan atau tabel sederhana. Hal-hal yang perlu dicatat misalnya tanggal transaksi, harga transaksi, dan keterangan lain yang dibutuhkan setiap harinya. Kedua laporan ini dapat kita jadikan sebagai bahan evaluasi untuk mengetahui bisnis yang kita jalankan untung atau rugi dan untuk mengetaui perkembangannya dari bulan ke bulan, tahun ke tahun.


LANGKAH-LANGKAH BISNIS CUCI MOTOR DAN MOBIL

  1. MERENCANAKAN

Rencana bisnis artinya susunan rinci kegiatan yang sistematis, tepat, dan akurat dalam rangka mencapai tujuan bisnis. Dalam kerangka sistem bisnis, tujuan bisnis hendaknya dapat dicapai dengan efektif dan efisien sehingga dalam merealisasikannya diperlukan pengawasan yang baik. Dari hasil yang didapat selanjutnya rencana akan menjadi umpan balik yang berguna bagi evaluasi perencanaan. Proses ini tidak pernah habis mulai dari rencana, pelaksanaan, kontrol, evaluasi dan akan kembali ke rencana yang lebih baik.
Perencanaan bisnis tidak hanya melibatkan produk atau jasa pelayanan, tetapi juga melibatkan sumber daya manusia, tim kerja yang solid, sumber dan besarnya modal yang dibutuhkan, proyeksi penjualan dan laba, sampai ke strategi pemasaran, serta analisis pesaing. Hal ini merupakan kesatuan utuh, yakni rencana bisnis (bussiness plan).
Perencanaan merupakan hal penting sebelum memulai bisnis. Apabila tidak membuat suatu perencanaan dahulu, bisnis yang dikelola tidak akan optimal. Selain itu, ketiadaan perencanaan bisa berakibat tidak adanya arahan yang jelas untuk mencapai tujuan bisnis. Ada pun hal-hal yang perlu direncanakan adalah sebagai berikut.

1.    Bentuk Bisnis Cuci Motor dan Mobil
Pilihan bentuk bisnis cuci kendaraan berupa cuci motor dan mobil untuk kelas menengah ke bawah atau untuk menengah ke atas. Bisa juga hanya bisnis cuci motor saja karena tempat dan fasilitas terbatas. Penentuan bentuk bisnis dilakukan dengan melakukan analisis terhadap konsumen sebagai sasaran objek dari jasa cuci kendaraan. Analisis meliputi tempat tinggal, jenis kendaraan yang dipakai, dan jumlah kendaraan yang melalui lokasi bisnis. Hal ini sangat penting untuk memulai bisnis cuci kendaraan. Penentuan bentuk bisnis juga disesuaikan dengan modal yang dipunyai.

2.    Perencanaan Pelayanan
Pelayanan seperti apa yang akan diberikan kepada konsumen? Misalnya, untuk cuci motor dan mobil kelas menengah ke bawah dengan pelayanan berupa pencucian bagian luar kendaraan cukup dengan pemakaian shampo dan air. Namun, terdapat juga pelayanan pencucian kendaraan dengan menggunakan teknik snow wash dan sekaligus perawatan kendaraan.

3.    Perencanaan Lokasi
Lokasi bisnis cuci kendaraan bermotor harus direncanakan. Pilih lokasi yang strategis dan sesuai dengan konsep pelayanan yang dipilih. Lokasi yang mudah dijangkau merupakan pilihan yang tepat untuk bisnis cuci kendaraan bermotor dengan dilengkapi fasilitas ruang tunggu yang nyaman bagi pelanggan.

4.    Perencanaan Konsep Bisnis
Meliputi bisnis seperti apa yang akan dijalankan? Berapa jumlah pegawai yang diambil? Bagaimana istem pengelolaan bisnisnya? Apakah akan mengelola sendiri atau mengangkat manajer pengelola? Dan berapa modal yang akan kita perlukan? Dengan demikian, bisnis yang kita dirikan akan memiliki konsep yang berbeda dengan para pesaing, terutama harga lebih murah dengan pelayanan yang ramah dan lebih baik.




  1. MEMULAI

Untuk memulai suatu usaha kita harus siap kalau sudah siap kita perlu segera melakukannya, karena kalau kita hanya memikirkan dan mempertimbangkannya saja, maka usaha itu tidak akan terealisasi. Menurut pengalaman pengusaha sukses, jauhkanlah pemikiran-pemikiran buruk dan segeralah untuk merealisasikan usaha, jadi lebih baik segera memulainya dan menghadapi semua masalah yang akan terjadi. Untuk memulai sebuah usaha cuci kendaraan kita harus siap mental, karena kalau kita tudak percaya diri dalam memulai sebuah usaha maka rencana yang telah kita buat akan menjadi sia-sia. Karena bisnis usaha cuci kendaraan bermotor masih dilihat sebagai bisnis yang rendahan, recehan, ribet dll. Jadi mulailah dengan hati yang dan jiwa yang mantap. Selain itu  kita harus yakin dan percaya bahwa usaha cuci kendaraan adalah bisnis yang besar dan sangat menguntungkan.
Usaha cuci kendaraan memiliki berbagai variasi dalam memberikan pelayanannya  kepada para pengguna jasanya. Kualitas pelayanan sangat menentukan maju dan mundurnya yang dilakukan.
1.    Fasiltas dan Pelayanan
Selain tempat mencuci kendaraan adalah kamar kecil (WC), mushola, dan ruang tunggu. Untuk ruang tunggu dapat dilengkapi dengan televisi dan beberapa tabloid, tabloid otomotif atau surat kabar. Berikyan pelayanan yang dapat menambah kepercayaan konsumen. Usaha cuci sepeda motor pelayanan yang dapat diberikan adalah jasa cuci motor, ganti oli, semir ban, dan semir body. Untuk cuci mobil berbeda dengan cuci motor perbedaannya terletak pada pelayanan pembersiahn interior bagian dalam mobil. Komunikasikan terlebih dahulu kepada konsumen pelayanan yang mereka inginkan karena hal ini terkait dengan kepuasan dan besarnya harga yang ditawarkan kepada konsumen. Selain memberikan pelayanan standar kita juga dapat menawarkan pelayanan lebih. Misalnya bila kita mengetahui ada bagian motor atau mobil yang perlu diperbaiki kita dapat memberitahukannya kepada konsumen. Hal ini dapat membuka peluang baru untuk menambah pelayanan yang diberikan, yaitu service mobil atau motor dengan menyediakan suku cadang motor atau mobil yang siap pakai seperti busi, bolam lampu dll.



2.    Proses Pencucian
Proses pencucian merupakan proses yang sangat penting. Karena pengetahuan proses pencucian yang benar merupakan kunci utama dari jalannya usaha cuci kendaraan bermotor.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam proses pencucian adalah sbb:
ü  Air
Media utama yang diperlukan dalam proses mencuci kendaraan bermotor adalah air. Kita harus memperhatikan kondisi air yang kita gunakan apakah terlihat keruh atau tidak? Terutama jika kita menggunakan sumur atau sumber mata air. Karena jika air itu keruh atau kotor kendaraan tidak semakin bersih tetapi kotorannya semakin bertambah. Dengan demikian kita harus menggunakan air yang benar-benar bersih.

ü  Peralatan Mencuci
Sebelum melakukan proses pencucian, mesin untuk mencuci atau steam wash machine harus dalam keadaan siap begitu juga dengan peralatan yang lain seperti snow wash, lap kanebo, sikat, shampo, silikon dan peralatan yang dibutuhkan lainnya.
Berikut penjelasan mengenai alat-alat yang dibutuhkan dalam usaha mencuci kendaraan bermotor :
Ø  Hidrolik (single post)
Alat ini digunakan untuk mengangkat kendaraan bermotor. Fungsinya agar kita lebih mudah dalam  proses pencucian kendaraan, karena dengan pompa hidrolik kita bisa menjangkau sampai ke kolong-kolong kendaraan yang susah dijangkau.

Ø  Steam Wash Machine (Water Preassure)
Alat ini berfungsi untuk mencuci kendaraan bermotor. Alat ini dapat menyedot air hanya dari wadah tanpa disambungkan ke kran air yang tentunya akan lebih praktis dan hemat.




Ø  Snow Wash (Tabung untuk Cuci Salju)
Alat dapat menghasilkan cairan yang ketika disemprotkan sudah menjadi busa putih bergumpalan seperti salju yang menutupi kendaraan. Hasilnya tentu saja berbeda dari sabun cuci biasa. Kesan atau efek wax yang membuat kendaraan terlihat licin pada setiap bagian kendaraan dapat terlihat dengan jelas.


Ø  Kompressor
Alat ini berfungsi untuk menaikkan pompa hidrolik saat melakukan pencucian kendaraan bermotor. Selain digunakan untuk menaikan pompa hidrolik kompresor juga digunakan untuk memberikan tekanan pada tabung snow wash (tabung salju), untuk membantu waktu pengeringan kendaraan bermotor misalnya untuk meniup atau mengeluarkan air yang tidak dapat dijangkau dengan lap serta untuk menambah angin bagi kendaraan pelanggan yang kekurangan angin.

Ø  Vacuum Cleaner (Penyedot Debu)
Alat ini digunakan untuk membersihkan bagian interior dalam mobil seperti tempat duduk dan karpet dari debu dan kotoran lainnya yang menempel.

Ø  Lap Kanebo
Lap kanebo merupakan lap yang khusus digunakan untuk menyeka sisa air khusus kendaraan. Ada dua type kanebo yaitu kanebo yang khusus untuk mengelap bagian yang halus seperti badan kendaraan, tangki, kaca atau mika lampu. Sedangkan kanebo yang satunya khusus untuk mengelap bagian velg, ban, mesin dll.

Ø  Sikat
Sikat berfungsi untuk membersihkan bagian-bagian tertentu seperti ban dan velg.


Ø  Spon (Busa)
Spon digunakan untuk mencuci atau menggosok kendaraan waktu kendaraan disemprot pakai busa salju sehingga dapat menjangkau seluruh permukaan kendaraan. Penggunaan busa ini dapat mencegah terjadinya guratan atau goresan pada badan kendaraan.

Langkah-langkah bagaimana mencuci motor atau mobil dengan menggunakan peralatan yang sudah dijelaskan di atas.
Kendaraan roda dua (motor)
1)    Sebelum proses pencucian buka jok motor hal ini bertujuan untuk membersihkan bagian-bagian dalam motor dan juga untuk mengeluarkan barang-barang yang ada di bawah jok motor.

2)    Naikan kendaraan dengan menggunakan pompa hidrolik sesuai kebutuhan karena hal ini akan lebih memudahkan kita dalam membersihkan bagian bawah mesin atau kolong-kolong yang tidak terjangkau.

3)    Semprot seluruh badan motor dengan air bertekanan tinggi (dengan memakai mesin steam) hingga kotoran besar yang melekat pada kendaraan dapat terlepas. Awali dengan mencuci dari bagian bawah atau roda karena banyak kotoran yang menempel. Semprot bagian ban terlebih dahulu karena dimaksudkan untuk menghindari cipratan kotoran yang dari bawah yang sering mengotori badan motor.

4)    Mulailah menggosok bagian kaki-kaki dan bagian mesin setelah itu bagian badan atau tangki dan lampu. Pencucian bagian badan menggunakan spon atau busa yang khusus untuk membersihkan badan motor.

5)    Proses pencucian dengan menggunakan snow wash (salju). Proses snow wash ini bertujuan untuk memaksimalkan kebersihan pencucian juga sekaligus mengilapkan badan motor. Setelah itu semprot pakai air dengan menggunakan mesin steam.



6)    Turunkan kendaraan dari pompa hidrolik ke lantai

7)    Untuk selanjutnya proses pengeringan. Proses pengeringan dilakukan dengan menggunakan kanebo dan kain yang halus dan untuk mengeluarkan air disela-sela kendaraan serta untuk mempercepat proses pencucian dapat menggunakan angin kompresor. Untuk pengeringan mulailah dari bagian atas baru turun kebagian bawah dengan tujuan bagian yang sudah kering tidak terkena air lagi.

8)    Poles badan motor dengan produk pemoles body motor. Hasilnya motor akan telihat bersih, mengkilap dan nyaman untuk dikendarai.

9)    Setelah pencucian bersih pada ban dan sudah melalui proses pengeringan agar ban terlihat lebih mengkilat dapat kita gunakan semir ban. Oleskan dengan menggunakan kuas atau kanvas besar ke bagian ban.

Kendaraan roda empat (mobil)
1)    Posisikan mobil diatas hidrolik angkat dan bersihkan terlebih dahulu bagian bawah mobilseperti dek, bagian dalam spakbor dan bagian dalam bemper karena bagian ini paling sering terkena kotoran seperti lumpur, tanah dan aspal.

2)    Setelah bagian bawah selesai cuci bagian atas mobil dimulai dengan membasahi bagian atap mobil dengan cara menyemprot dengan air menggunakan mesin steam sampai rata.

3)    Semprot dengan busa salju  sampai ke seluruh badan mobil kemudian gosok dengan spon atau busa yang halus untuk mencegah goresan pada badan mobil ratakan pada seluruh badan mobil dan sisi-sisi mobil yang lain. Kemudian semprot dengan air menggunakan mesin steam.

4)    Proses pengeringan. Untuk mengeringkan mobil yang sudah dicuci dapat menggunakan lap atau kain yang dapat menyerap air atau kanebo dan lakukan secara merata untuk mencegah bekas air yang menempel. Untuk mengeluarkan air dari celah-celah kaca dapat menggunakan angin kompresor kemudian sisanya dilap dengan kanebo. Proses pengeringan harus dilakukan dengan hati-hati untuk mencegah adanya sisa air yang menempel pada badan mobil yang dapat menyebabkan karat pada mobil.

5)    Dengan menggunakan vacuum cleaner atu penyedot debu mulai lakukan penyedotan kotoran dibagian dek atau bangku serta interior lainnya.

6)    Setelah dilakukan penyedotan dan pembersihan kotoran di dalam interior mobil, dasbor dan roda mobil disemir agar terlihat hitam dan mengkilap.



2 comments:

comment with facebook