Translate

Monday, October 22, 2012

Artikel Bosamba Bondowoso


RAFTING BOSAMBA BONDOWOSO

Kalau kita amati dan perhatikan banyak hal yang bisa kita gali dari potensi daerah Bondowoso untuk kita jual dan kemas dalam bentuk  Paket Wisata, salah satu tempat yang layak untuk dijadikan lokasi wisata yaitu memanfaatkan aliran dari sungai Sampean Baru yang membelah kota Bondowoso  untuk dimanfaatkan menjadi  sarana Wisata Air berupa rafting Adventure atau arung jeram. Tipe Sungai ini bisa kita kategorikan tenang pada musim kemarau tapi sangat deras bila musim Hujan.
“Bosamba” demikian masyarakat menyebut olahraga Adventure Rafting ini, dari nama yang diberikan pasti kita akan berfikir daerah africa atau brazil yang memiliki nama tersebu. Ternyata BOSAMBA merupakan singkatan dari BOndowoso SAmpean BAru, yaitu jalur aliran sungai yang membelah kota Bondowoso dan bermuara di Daerah Situbondo kota tetangga yang dekat dengan pantai. Diantara jalur aliran sungai itu terdapat Bendungan/Waduk irigasi Sampean Baru di daerah Kec. Tapen yang masih masuk wilayah Kab. Bondowoso. Pada jalur sungai tersebut saat ini sudah dijadikan tempat wisata Rafting atau arung jeram yang memiliki kelebihan akan pemandangan tebing sungai yang sangat memukau diselingi dengan adanya air terjun dan Gua kelelawar yang masih Alami. Waktu tempuh yang bisa kita nikmati sekitar 2-3 jam melalui berbagai type arus yang akan dilalui dengan pemandangan dinding  tebing  pada  jalur aliran sungai yang  cukup mengesankan seolah – olah kita masuk Gua atau Terowongan tanpa Atap dan pada titik tertentu kita bisa dapatkan sarang kelelawar yang banyak di kedua sisi tebing aliran sungai. Salah satu tempat Start Point atau Shelter berada di wilayah Kecamatan Wonosari Kabupaten Bondowoso, tidak sulit untuk mencapai shelter ini Anda bisa menuju Kearah Pasar Wonosari dimana disekitar pertokoan atau pasar tersebut ada pertigaan jalan ke Arah Utara tepatnya 2-3Km dari Pasar Wonosari. Shelter tepat di sisi Jalan dekat Jembatan.
selama pengarungan terdapat 2 jeram ekstrim yaitu
  • Jeram Triple S ( jeram atas dan jeram bawah ).
  • jeram jepit.
Selain jeram dapat juga menikmati :
  • Indahnya pemandangan dinding batu yang kokoh di kiri kanan sungai.
  • Gua kalelawar yang banyak dihuni mamalia terbang dari ordo chiroptera.
  • Melompat dari jembatan gantung dengan ketinggian sekitar 15 meter dari permukaan air sungai sampean baru ( sensasi bunuh diri ).
  • Hingga lompat dari batu Titanic ( disebut Titanic karena bentuknya mirip haluan kapal laut ).
        Sekitar 2,5 jam menyusuri Sungai Sampean Baru akhirnya sampai di titik finish. Pada titik finish wisatawan diantar kembali ke lokasi shelter Bosamba menggunakan mobil angkut yang telah disediakan pengelola sebagai salah satu fasilitas pelayanan. Dan tak perlu kuatir Pengelola Bosamba juga memfasilitasi konsumsi setelah selesai rafting di shelter Bosamba.

Tingkat kesulitan di Bosamba ialah grade 2 yang artinya sangat aman untuk pengarungan dengan anggota keluarga, apabila menginginkan pengarungan yang lebih menantang dapat mengunjungi Bosamba pada musim penghujan karena arus sungai yang deras dapat memacu adrenalin lebih kencang .



Daftar harga layanan adventure di Bosamba :

1. RAFTING
  • Short Trip ( 7 Km )Rp. 75.000,- / pack  dan Long Trip ( 14 Km )Rp. 175.000,- /pack.
  • Fasilitas Short Trip = Perlengkapan standart, Guide / Skiper, Snack, Air Mineral, Transportasi Lokal, asuransi
  • Fasilitas Long Trip = selain tripnya lebih panjang, fasilitasnya sama dengan yg diatas hanya mendapat tambahan Makan siang setelah tiba di base camp.

2. PAINT BALL 
  • Harga Rp. 150.000
  • Min 20 pax

3.  FLYING FOX
  • Harga Rp.30.000
  • Min 20 Pax

4. TRAIL ADVENTURE
  • Harga Rp. 450.000
  • Min 6 pax

5. AIR SOFT GUN
  • Harga Rp. 150.000
  • Min 10 Pax
















SARAN
Beautiful view and natural, itu kesan pertama saat melihatnya, obyek wisata yang memiliki nilai jual ini selayaknya juga mendapat perhatian Pemda setempat untuk penunjang sarana dan prasarananya ( transportasi,komunikasi dan security ) selain itu promosi jg sangat diperlukan seperti di media internet juga buat brosur-brosur bergambar kemudian titipkan dihotel-hotel baik lokal maupun diluar seperti termasuk hotel-hotel di Bali yang merupakan tempat ramainya Wisnu dan Wisman. Wisatawan yang suka adventure pasti ingin suasana yang berbeda, bisa jadi Bosamba jadi pilihan mereka.
Bosamba sangat potensial untuk dikembangkan menjadi tempat wisata keluarga, karena ditunjang kebun buah mangga milik warga sekitar. Kebun ini dapat dikembangkan menjadi agro wisata.
Kawasan ini juga bisa dibangun area bermain anak-anak seperti water boom dan beberapa sarana bermain lainnya. Di lokasi ini masih memungkinkan pengembangan area wisata, karena lokasinya menarik, dengan mencari insvestor yang mau menanamkan modalnya
Pariwisata, seni dan budaya merupakan kegiatan yang dapat menunjang pertumbuhan ekonomi masyarakat yang berdampak meningkatnya pendapatan asli daerah. Dan  agar perekonomian masyarakat lebih berkembang, disarankan untuk berjualan cinderamata, oleh-oleh khas Bondowoso, atau menyediakan home stay (penginapan).
Pengembangan sektor wisata tidak bisa berjalan sendiri, harus didukung infrastruktur yang cukup, di antaranya jalan, tempat parkir kendaraan, dan penginapan. ” Yang perlu diperbaiki adalah akses jalan menuju lokasi. Di lokasi ini tidak memungkinkan kendaraan besar masuk, sehingga jika ada acara besar semacam ini, proses penjemputan peserta sedikit lambat.

No comments:

Post a Comment

comment with facebook